KEAKTIFAN PERAN KADER DENGAN STATUS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TATANAN RUMAH TANGGA DI WILAYAH DESA TAMBAKBOYO PEDAN KLATEN

Warsini, - (2012) KEAKTIFAN PERAN KADER DENGAN STATUS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TATANAN RUMAH TANGGA DI WILAYAH DESA TAMBAKBOYO PEDAN KLATEN. Post-Doctoral thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Warsini_3208074_nonfull.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
Warsini_3208074_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Latar Belakang: Upaya dalam meningkatkan kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat dapat dilakukan melalui pemberdayaan peran kader kesehatan. Peran kader sebagai relawan yang berada langsung ditengah masyarakat sangat penting dan peran kader sebagai motivator diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat menuju kearah yang positif Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan peran kader dengan status perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tatanan rumah tangga di Desa Tambakboyo Pedan Klaten Metode: Metode Penelitian ini adalah deskriptif kolerasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua kepala keluarga RW07 Desa Tambakboyo yang berjumlah 94 responden dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tertutup dan analisis data dengan uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian mendapatkan nilai p value sebesar 0,04, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti penelitian ini menunjukkan adanya hubungan keaktifan peran kader dengan status perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tatanan rumah tangga di Desa Tambakboyo Pedan Klaten Simpulan: Ada hubungan keaktifan peran kader dengan status perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tatanan rumah tangga di Desa Tambakboyo Pedan Klaten Kata Kunci: Kader, perilaku hidup bersih dan sehat, keaktifan.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kader, perilaku hidup bersih dan sehat, keaktifan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 16 Aug 2016 07:48
Last Modified: 16 Aug 2016 07:48
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item