EFEKTIVITAS PROTOTIPE SISTEM DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KOMPUTER DALAM PENYUSUNAN RENCANA ASUHAN KEPERAWATAN DI STIKES A. YANI YOGYAKARTA

Aji Sayoga Ary Wibowo, - and Wenny Savitri, - (2012) EFEKTIVITAS PROTOTIPE SISTEM DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KOMPUTER DALAM PENYUSUNAN RENCANA ASUHAN KEPERAWATAN DI STIKES A. YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Aji Sayoga Ary Wibowo_3206024_nonfull.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
Aji Sayoga Ary Wibowo_3206024_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Latar Belakang: Dokumentasi keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosis keperawatan, perencanaan, tindakan, dan evaluasi yang dilakukan oleh perawat masih secara manual. Sementara dokumentasi keperawatan secara manual banyak menyita waktu perawat disamping kevalidan data yang kurang optimal dan ketidaklengkapan dokumentasi asuhan keperawatan. Pemanfaatan sistem informasi asuhan keperawatan dapat mengurangi waktu dan kesalahan serta meningkatkan kelengkapan dalam dokumentasi dan evaluasi hasil tindakan keperawatan. Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi keefektifan prototipe sistem dokumentasi asuhan keperawatan berbasis komputer dibandingkan dengan sistem manual ditinjau dari kualitas dan lama penyusunan dokumentasi rencana asuhan keperawatan. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan randomized post-test only control group design yang dilakukan pada bulan Juli 2012. Jumlah sampel adalah 20 responden dari mahasiswa STIKES A. Yani Yogyakarta angkatan 2008. Data yang diperoleh diolah dengan uji beda. Hasil: Ada perbedaan bermakna pada dokumentasi rencana asuhan keperawatan pada kelompok yang menggunakan prototipe sistem dokumentasi asuhan keperawatan berbasis komputer dan sistem manual. Lama waktu penyusunan dokumentasi rencana asuhan keperawatan menggunakan prototipe sistem dokumentasi asuhan keperawatan berbasis komputer lebih rendah dari sistem manual. Kualitas dokumentasi rencana asuhan keperawatan menggunakan prototipe sistem dokumentasi asuhan keperawatan berbasis komputer lebih tinggi dari sistem manual. Kesimpulan: Penyusunan dokumentasi rencana asuhan keperawatan dengan prototipe sistem dokumentasi asuhan keperawatan berbasis komputer dapat meningkatkan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan, terlihat dari kecepatan waktu dan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: sistem, dokumentasi, asuhan keperawatan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 16 Aug 2016 07:57
Last Modified: 14 Feb 2019 08:38
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item