HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI DESA CEBONGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015

Ririh Bayun Antari, - (2016) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI DESA CEBONGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ririh Bayun Antari_3211113_nonfull resize.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
Ririh Bayun Antari_3211113_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Lansia adalah bagian dari proses tumbuh kembang dan dimasa ini akan mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial secara bertahap. Setiap lansia akan mengalami proses degeneratif sehingga menimbulkan masalah kesehatan antara lain gangguan pembuluh darah, gangguan metabolik, gangguan persendian dan gangguan psikososial. Kesejahteraan lansia tersebut dinilai dari kualitas hidupnya. Kualitas hidup digunakan secara luas seagai indikasi kesejahteraan psikologis pada lanjut uisa dan bersifat subjektif. Hasil survei terhadap 10 lansia didapatkan bahwa 7 orang lansia mengalami penurunan kualitas hidup terutama dalam rasa kesepian dan kurangnya perhatian dari anggota keluarga lain Tujuan:Mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup pada lansia di Desa Cebogan Sleman Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang berada di Desa Cebongan Sleman Yogyakarta . Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Analisa yang digunakan adalah pearson product moment. Hasil: Karakteristik lansia di Desa Cebongan Sleman sebagian besar berumur 60-70 tahun yaitu sebanyak 107 responden dan berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 84 responden. Dukungan sosial yang diberikan pada lansia di Desa Cebongan Sleman yaitu rata-rata 3,87 dan SD sebesar 0,329. Kualitas hidup pada lansia di Desa Cebongan Sleman yaitu rata-rata sebesar kualitas fisik 65.31, kualitas psikologi 62.47, kualitas social 70.14, Kualitas lingkugan 65.48, Kualitas komulatif 65.85 dan SD 11,531.Hasil uji pearson product diperoleh p-value sebesar 0,000<0,05 dengan nilai koefisiensi kolerasi sebesar 0,616 Kesimpulan:Ada hubungan anatara dukungan sosial dengan kualitas hidup pada lansia di Desa Cebongan Sleman dengan keeratan yang kuat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Tetra Saktika Adinugraha, M.Kep., Ns. Sp.Kep.MB Dosen Pembimbing II Ferianto, S.Kep., Ns
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial dan Kualitas Hidup, Social Support and Quality of Life
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 29 Nov 2016 01:39
Last Modified: 21 Nov 2017 03:43
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item