GAMBARAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN ASI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DANUREJAN 1 KOTA YOGYAKARTA

Anisa, - (2016) GAMBARAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN ASI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DANUREJAN 1 KOTA YOGYAKARTA. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Anisa_1113124_nonfull resize.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
Anisa_1113124_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pemberian ASI secara eksklusif merupakan salah satu upaya untuk memperoleh tumbuh kembang bayi secara optimal. Cakupan ASI eksklusif tahun 2015 (52,3%) berada jauh di bawah target pemerintah yaitu 80%. Presentase pemberian ASI eksklusif di Provinsi DIY yang paling rendah terjadi di Kota Yogyakarta sebesar 54,92% pada tahun 2015. Berdasarkan studi pendahuluan di Puskesmas Danurejan I menunjukan bahwa dari sepuluh ibu menyusui terdapat lima ibu yang tidak memberikan ASI secara eksklusi. Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran perilaku ibu dalam pemberian ASI pada bayi usia 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Danurejan I Kota Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode survei bersifat diskriptif kuantitatif. Dilakukan dengan tujuan utama mendiskripsikan atau menguraikan suatu keadaan didalam suatu komunitas atau masyarakat. Populasi dalam penelitian adalah ibu menyusui yang mempunyai bayi usia 6-12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Danurejan I Kota Yogyakarta sebanyak 45 responden. Metode penelitian menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur kuesioner dengan skala nominal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian: Dari 45 responden diperoleh bahwa perilaku ibu dalam pemberian ASI pada bayi usia 0-6 bulan sebanyak 42 responden (93,3%) mempunyai perilaku positif, perilaku ibu dalam menjadwalkan pemberian ASI kategori positif (88,9%), perilaku ibu cara melancarkan ASI kategori positif (91,1%), perilaku ibu lama pemberian ASI kategori positif (82,2%). Kesimpulan: Perilaku ibu dalam pemberian ASI pada bayi usia 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Danurejan I Kota Yogyakarta yaitu positif (93,3%).

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pemimbing Dian Puspitasari, M.Keb
Uncontrolled Keywords: Perilaku, ASI, Mother’s Behavior, Breastfeeding
Subjects: Kebidanan > BL Bayi Baru Lahir (BBL)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:37
Last Modified: 15 Nov 2017 04:21
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item