Gambaran Kepuasan Pendonor Darah Terhadap Pelayanan di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyumas Tahun 2022

Zanuba Indana Rifah, - and Dwi Eni Danarsih, - (2022) Gambaran Kepuasan Pendonor Darah Terhadap Pelayanan di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyumas Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Judul_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab 1_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab 2_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab 3_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab 4_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab 5_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Cek Plagiarisme] Text (Cek Plagiarisme)
Plagiarisme_191206002_Zanuba Indana Rifah_TBD.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan donor adalah harapan pendonor terhadap kinerja
pelayanan. Pentingnya mengukur kepuasan pendonor darah terhadap pelayanan
darah dapat memberikan gambaran tentang kinerja petugas terhadap pelayanan
yang diberikan dengan harapan masyarakat merasa puas dan bersedia untuk
melakukan donor selanjutnya sehingga meningkatkan produksi darah.
Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran kepuasan pendonor darah terhadap
pelayanan di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyumas
2022.
Metode Penelitian : Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yang
menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian cross
sectional yaitu mengumpulkan data pada satu kali di satu waktu.
Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian dengan responden sebanyak 99
pendonor menunjukkan bahwa sebagian besar pendonor menyatakan sangat puas
dengan persentase sebesar 90,9% atas pelayanan petugas UDD PMI Kabupaten
Banyumas. Pelayanan dengan skor tertinggi yaitu kemudahan prosedur pelayanan
di unit dan skor terendah yaitu kedisplinan petugas dalam memberikan pelayanan
dan kecepatan pelayanan di unit. Tingkat kepuasan pendonor dengan kategori
puas paling banyak ditemukan pada pendonor usia 36-45 tahun (11%), pendonor
laki-laki (11%), dan pada pendonor pekerjaanTNI/Polri (20%). Kategori sangat
puas paling banyak ditemukan pada pendonor usia 66< tahun (100%) dan usia 3645
tahun
(95%),
pada
pendonor
perempuan
(94%),
dan
pada
pendonor
wirausaha

(100%).

Kesimpulan

: Kepuasan pendonor darah terhadap pelayanan di UDD PMI
Kabupaten Banyumas 2022 sebagian besar menyatakan sangat puas (90,9%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gambaran Kepuasan, Pendonor Darah, Unit Donor Darah
Subjects: R Medicine > RB Blood Bank Technology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 11 Apr 2023 22:42
Last Modified: 13 May 2023 11:23
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item
View Item