KARAKTERISTIK IBU BEKERJA YANG BERHASIL MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI PUSKESMAS BANGUNTAPAN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Ika Wulandari, - (2016) KARAKTERISTIK IBU BEKERJA YANG BERHASIL MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI PUSKESMAS BANGUNTAPAN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Kebidanan, STIKES A. Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Ika Wulandari_1113034_nonfull resize.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Pemberian ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan dapat mencegah kematian 1,3 juta anak berusia di bawah lima tahun. Salah satu kendala ibu dalam pemberian ASI Eksklusif adalah ibu bekerja. Hasil studi pendahuluan di Banguntapan 1 untuk cakupan pemberian ASI Eksklusif pada ibu bekerja lebih banyak dibandingkan ibu yang tidak bekerja. Ibu bekerja yang berhasil memberikan ASI Eksklusif sebanyak 122 ibu, karena sebelum habis masa cuti sudah stok ASI dan menyempatkan untuk memompa ASI saat bekerja, sedangkan ibu tidak bekerja lebih sedikit dalam memberikan ASI Eksklusif yaitu sebanyak 36 ibu dikarenakan bayi cenderung rewel sehingga ibu memilih susu formula dan MPASI dini sebab ibu menganggap ASI tidak cukup. Tujuan Penelitian : Diketahuinya karakteristik ibu bekerja yang berhasil memberikan ASI Eksklusif pada bayi. Metode Penelitian : Merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 31 responden dengan distribusi frekuensi yang diambil menggunakan data primer dan angket. Hasil : Sebagian besar ibu bekerja yang berhasil memberikan ASI Eksklusif pada bayi di Puskesmas Banguntapan 1 Bantul Yogyakarta berusia 21-35 tahun sebanyak 26 orang (83,9%), tingkat pendidikan menengah (SMA & SMK) sebanyak 18 orang (58,1%), status pekerjaan sebagai karyawan swasta sebanyak 15 orang (48,4%), dan paritas primipara sebanyak 18 orang (58,1%). Kesimpulan : Ibu bekerja yang berhasil memberikan ASI Eksklusif pada bayi di Puskesmas Banguntapan 1 Bantul Yogyakarta yaitu berusia 21-35 tahun, (SMA & SMK), karyawan swasta, dan primipara.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Elvika Fit Ari Shanty, S.ST, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Ibu Bekerja yang menyusui, ASI-Eksklusif, Characteristic, Breastfeeding working mothers, exclusive breastmilk.
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BL Bayi Baru Lahir (BBL)
B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:56
Last Modified: 16 Jan 2019 02:50
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item