HUBUNGAN ANTARA INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DENGAN ONSET LAKTASI PADA IBU POSTPARTUM DIRSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

Alfian, Murtadhaniska (2012) HUBUNGAN ANTARA INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DENGAN ONSET LAKTASI PADA IBU POSTPARTUM DIRSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Alfian Murtadhaniska_3208056_nonfull.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
Alfian Murtadhaniska_3208056_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pemberian awal air susu ibu atau inisiasi menyusu dini (IMD) sangat dianjurkan karena banyak memberikan manfaat kesehatan untuk ibu dan bayi. Salah satu manfaat yang didapat adalah dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya pengeluaran ASI (onset laktasi). Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara inisiasi menyusu dini dengan onset laktasi pada ibu postpartum dibangsal nifas Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul Metode: Observasional dengan rancangan kohord. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu postpartum yang dilakukan inisiasi menyusu dini di RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu berjumlah 62 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan analisis data dengan uji Chi Square. Hasil: Ada hubungan yang signifikan antara inisiasi menyusu dini dengan onset laktasi di RSUD Panembahan Senopati Bantul (p value 0,023). Berdasarkan hasil nilai kontingen koefisiensi (contingency coefficient) diperoleh nilai sebesar 0,277. Angka hasil pengujian tersebut kemudian dibandingkan dengan tabel pedoman interpretasi koefisien kontingensi. Dari pembandingan tersebut (0,277) terdapat diantara 0,200-0,399 yang berarti terdapat hubungan rendah antara inisiasi menyusu dini dengan onset laktasi pada ibu di RSUD Panembahan Senopati Bantul Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara inisiasi menyusu dini dengan onset laktasi pada ibu postpartum dibangsal nifas RSUD Panembahan Senopati Bantul. Hendaknya ibu mencari tempat persalinan yang menerapkan IMD, petugas kesehatan harus melakukan IMD kepada ibu tanpa alasan untuk meningkatkan onset laktasi dengan memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi onset laktasi Kata Kunci: Inisiasi menyusu dini, onset laktasi.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Inisiasi menyusu dini, onset laktasi
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PM Keperawatan Maternitas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:29
Last Modified: 16 Aug 2016 08:29
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item