PERAN KADER KESEHATAN DENGAN STATUS BEBAS JENTIK DI DUSUN KRONGGAHAN II DESA TRIHANGGO WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN YOGYAKARTA

Amalia, Nur Widyastuti (2012) PERAN KADER KESEHATAN DENGAN STATUS BEBAS JENTIK DI DUSUN KRONGGAHAN II DESA TRIHANGGO WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Amalia NUR WIDYASTUTI_3208013_nonfull.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
AMALIA NUR WIDYASTUTI_3208013_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: DBD pertama kali dilaporkan pada tahun 1968 di Jakarta dan Surabaya, dengan 48 penderita dan angka kematian atau Case Fatality Rate (CFR) mencapai 41,3%. Dewasa ini DBD telah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Pemberantasan jentik nyamuk tidak hanya dilakukan pemerintah saja, melainkan butuh partisipasi seluruh masyarakat, serta perlu kesediaan, kemauan dan tindakan nyata. Untuk mewujudkan hal ini maka dibutuhkan peran aktif kader kesehatan seperti yang telah dicanangkan pemerintah. Adanya kader kesehatan diharapkan pemberantasan jentik nyamuk di wilayah masing-masing dapat menjadi lebih cepat karena kader kesehatan lebih mengetahui sumber daya lokal yang ada di tempatnya sehingga dapat memanfaatkan sumber daya tersebut dengan optimal. Tujuan : Diketahuinya hubungan peran kader kesehatan dengan status bebas jentik di Dusun Kronggahan II Desa Trihanggo Wilayah Kerja Puskesmas Gamping II Sleman. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah survey analitik, menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 491 kepala rumah tangga (KRT). Sampel dalam penelitian dipilih dengan metode pengambilan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi dan dianalisa dengan uji chi square dengan α = 0,05. Hasil : Hasil penelitian mendapatkan nilai p value 0,00, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti penelitian ini menunjukkan adanya hubungan peran kader kesehatan dengan status bebas jentik di Dusun Kronggahan II Gamping Sleman. Kesimpulan: Ada hubungan peran kader kesehatan dengan status bebas jentik di Kronggahan II Desa Trihanggo Wilayah Kerja Puskesmas Gamping II. Kata kunci : peran kader kesehatan, status bebas jentik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: peran kader kesehatan, status bebas jentik
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:57
Last Modified: 16 Aug 2016 08:57
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item