TINJAUAN KETEPATAN WAKTU PENGEMBALIAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA PERIODE BULAN JANUARI SAMPAI DENGAN MARET 2016

Upin Nofiatun, - (2016) TINJAUAN KETEPATAN WAKTU PENGEMBALIAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA PERIODE BULAN JANUARI SAMPAI DENGAN MARET 2016. Perekam dan Informasi Kesehatan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Upin Nofiatun_1313010_nonfull.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Upin Nofiatun_1313010_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang. Rekam medis merupakan bagian integral dari rumah sakit yang berperan penting dalam proses pelayanan di rumah sakit yaitu dalam pelayanan kepada pasien, mulai saat kunjungan pertama hingga kunjungan-kunjungan berikutnya. Penyelenggaraan rekam medis merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilaksankan guna mencapai pelayanan yang cepat, akurat, dan tepat waktu sehingga informasi yang dihasilkan lebih efektif dan efisien. Salah satu faktor yang mendukung di dalamnya adalah ketepatan waktu pengembalian berkas rekam medis rawat inap ke bagian instalasi rekam medis tersebut dengan tepat waktu. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi penyebab ketidaktepatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap tersebut untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan Penelitian. Mengidentifikasi masalah penyebab ketidaktepatan waktu pengembalian berkas rekam medis rawat inap ke bagian instalasi rekam medis Metode Penelitian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah satu petugas assembling, 2 perawat ruang rawat inap dan kepala Instalasi Rekam Medis sebagai triangulasi. Obyek penelitian ini adalah data sekunder pengembalian berkas rekam medis rawat inap, job description dan SPO analisa dan assembling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian. Angka tertinggi pada keterlambatan pengembalian beras rekam medis rawat inap yaitu pada ruang rawat inap Galilea II-obsgyn dan ruang rawat inap F. Faktor yang menyebabkan keterlambatan adalah menunggu dokter untuk melengkapi berkas rekam medis sebelum dikembalikan ke Instalasi Rekam Medis dan belum jelasnya job description pengembalian berkas rekam medis rawat inap.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pemimbing Sis Wuryanto, A.Md.PerKes., SKM., MPH
Uncontrolled Keywords: Pengembalian Berkas, Rekam Medis Rawat Inap, File Returns, Inpatient Medical Record
Subjects: Perekam Medis & Informasi Kesehatan > RU Manajemen Unit Kerja Rekam Medis
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:13
Last Modified: 13 Nov 2017 07:52
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item