GAMBARAN GAYA HIDUP LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA CONDROWANGSAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Eko Yulianto, - (2016) GAMBARAN GAYA HIDUP LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA CONDROWANGSAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eko Yulianto_2212066_nonfull resize.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
Eko Yulianto_2212066_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: hipertensi merupakan faktor risiko gagal jantung, stroke, gagal ginjal dan disebut pembunuh secara diam-diam karena penderita hipertensi biasanya tidak menampakkan gejala. Hipertensi sebagian besar menyerang pada individu yang mengalami usia lanjut. Hipertensi dapat dikendalikan dengan gaya hidup. Gaya hidup pada lansia dipengaruhi oleh kebiasaan, keadaan fisik dan masalah dalam keluarga lansia itu sendiri. Tujuan: untuk mengetahui gambaran gaya hidup lansia penderita hipertensi di posyandu lansia Condrowangsan Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta. Metode: metode penelitian ini adalah descriptif dengan pendekatan cross sectional dan total populasi. Responden dalam penelitian ini adalah 45 responden yaitu lansia penderita hipertensi. Pengambilan data dengan menggunakan kuisioner sebanyak 23 item pertanyaan/pernyataan yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis univariate. Hasil: hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar berusia 60-74 tahun, dan berjenis kelamin perempuan. Gaya hidup lansia penderita hipertensi di posyandu lansia Condrowangsan Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta dalam kategori cukup (42,2%), meliputi perilaku diet dalam kategori cukup (66,7%), aktifitas fisik dalam kategori baik (42,2%), perilaku tidak merokok (77,8%) dan manajemen stres dalam kategori cukup (53,3%). Kesimpulan: sebagian besar responden berusia 60-74 tahun, berjenis kelamin perempuan dan gaya hidup penderita hiperensi dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Adi Sucipto, M.Kep ; Dosen Pembimbing II Muhamat Nofiyanto, S.Kep., Ns., M.Kep
Uncontrolled Keywords: hipertensi, gaya hidup, lansia, Hypertension, Lifestyle, The Elderly
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:14
Last Modified: 21 Nov 2017 02:08
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item