HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN KUALITAS TIDUR LANSIA DI DUSUN JOHO DESA CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN

Hega Arif Nur Hidayat, - (2016) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN KUALITAS TIDUR LANSIA DI DUSUN JOHO DESA CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hega Arif Nur Hidayat_2212142_nonfull resize.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
Hega Arif Nur Hidayat_2212142_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang Setiap lansia akan mengalami perubahan fisik, mental, dan sosial. Perubahan tersebut dapat mengakibatkan lansia yang mengalami stres. Stres dapat mempengaruhi tidur pada lansia sehingga membuat kualitas tidur lansia menjadi buruk. Hal tersebut juga terjadi pada lansia di dusun Joho, esa Condongcatur, Depok, Sleman. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat stres dengan kualitas tidur lansia di Dusun Joho, Desa Condongcatur, Depok, Sleman. Metode Penelitian ini menggunakan korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 lansia dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat stres adalah DASS, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas tidur adalah PSQI. Analisis data yang digunakan adalah lambda. Hasil Penelitian menunjukkan sebagian besar responden yang mengalami stres ringan sebanyak 28 lansia (40%) dan sebagian besar memiliki kualitas tidur buruk sebanyak sebanyak 41 orang (58,6%). Nilai signifikan (0,000), terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kualitas tidur lansia di Dusun Joho, Desa Condongcatur, Depok, Sleman, dengan tingkat kekuatan erat, dengan nilai keeratan 0,724. Kesimpulan: terdapat hubungan tingkat stres dengan kualitas tidur lansia di Dusun Joho, Desa Condongcatur, Depok, Sleman.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Sarka Ade Susana, S.Kep, MA Dosen Pembimbing II Anastasia Suci Sukmawati, MNg
Uncontrolled Keywords: Kualitas tidur, Tingkat stres, Lansia, Sleeping quality, Stress level, Elderly
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2016 07:25
Last Modified: 20 Nov 2017 07:27
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item