GAMBARAN KEPUASAN PASIEN DALAM MENERIMA PELAYANAN BPJS KESEHATAN DI KELAS III RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA AGUSTUS 2016

Cep Kurniawan, - (2016) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN DALAM MENERIMA PELAYANAN BPJS KESEHATAN DI KELAS III RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA AGUSTUS 2016. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cep Kurniawan_2212015_nonfull resize.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
Cep Kurniawan_2212015_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang kompleks, dituntut untuk memberikan pelayanan dan informasi kesehatan yang tepat. Pelayanan rumah sakit secara garis besar memberikan pelayanan untuk masyarakat, berupa pelayanan kesehatan mencakup pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitas medik, dan pelayanan keperawatan. Tujuan Penelitian:. Mengetahui kepuasan pasien akan pelayanan BPJS kesehatan di kelas III Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 45 pasien dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan univariat dengan menggunakan tabel distribusi yang disusun berdasarkan dari kuisioner. Hasil Penelitian: Pasien terbanyak adalah perempuan 23 (51,1%) dibandingkan laki-laki. Pasien terbanyak telah menempuh pendidikan hingga SMP 19 (42,2%). Sebagian besar pekerjaan 29 (64,4%) pasien adalah selain pegawai swasta, wiraswasta, maupun mahasiswa. Iuran BPJS terbanyak adalah oleh pemerintah/gratis 15 (33,3%). Kesimpulan: Mayoritas 23 (51,1%) pasien merasa puas akan pelayanan BPJS Kesehatan di kelas III Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Sedangkan sebanyak 22 (48,9%) pasien merasa tidak puas.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Rahayu Iskandar, M.Kep Dosen Pembimbing II Sujono Riyadi, S.Kep., Ns., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan BPJS, Rumah Sakit, Patient Satisfaction, Service BPJS, Hospitals
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 20 Dec 2016 10:05
Last Modified: 20 Nov 2017 03:24
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item