PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL ANAK SD PERKOTAAN DAN PEDESAAN DI YOGYAKARTA

Ari Akbar Setiawan, - (2016) PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL ANAK SD PERKOTAAN DAN PEDESAAN DI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ari Akbar Setiawan_2212063_nonfull resize.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
Ari Akbar Setiawan_2212063_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Hasil wawancara dengan 5 siswa di SD perkotaan menunjukan bahwa masih banyak siswa yang datang terlambat, bermain game online di warung internet dan telepon genggam saat pulang sekolah, dan jarang bermain bersama teman sebayanya. Hasil wawancara dengan 5 siswa di SD pedesaan menunjukan bahwa ada beberapa siswa yang masih datang terlambat, ada beberapa siswa yang menggunakan telepon genggam untuk bermain game online, dan masih banyak siswa yang bermain dengan teman sebayanya. Tujuan: Mengetahui perbandingan perilaku sosial anak SD perkotaan dan pedesaan di Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif, rancangan penelitian kuantutatif dengan metode cross sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu sebanyak 116 responden. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Blawong 1 Bantul. Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan Mann Whitney. Hasil Penelitian: Perbandingan perilaku sosial anak SD perkotaan dan pedesaan di Yogyakarta, sebagian besar anak SD pedesaan dalam kategori baik sebanyak 35 anak (30.2%) dan anak SD perkotaan sebagian besar dalam kategori kurang sebanyak 22 anak (19.0%). Hasil uji komparatif Mann Whitney diperoleh p-value = 0,002 (p<0,05). Kesimpulan:Terdapat perbedaan perilaku sosial anak SD perkotaan dan pedesaan di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Tri Prabowo, SKp, M.Sc ; Dosen Pembimbing II Ida Nursanti S.Kep., Ns., MPH
Uncontrolled Keywords: Perilaku sosial, anak SD perkotaan dan pedesaan , Behavior of social, urban and rural elementary school children
Subjects: Keperawatan > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Dec 2016 05:57
Last Modified: 20 Nov 2017 02:19
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item