HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KEPALA KELUARGA TENTANG RUMAH SEHAT DENGAN KONDISI RUMAH DI DUSUN KRESAN, DESA TRIWIDADI, KECAMATAN PAJANGAN BANTUL

Tri Diah Aryanti, - (2016) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KEPALA KELUARGA TENTANG RUMAH SEHAT DENGAN KONDISI RUMAH DI DUSUN KRESAN, DESA TRIWIDADI, KECAMATAN PAJANGAN BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Diah Aryanti_2212095_nonfull resize.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
Tri Diah Aryanti_2212095_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Persentase rumah yang memenuhi syarat kesehatan di Indonesia pada tahun 2014 hanya mencapai angka 61,81%. Kondisi kesehatan rumah ditentukan oleh seberapa besar pengetahuan dan pemahaman anggota keluarga terhadap kesehatan itu sendiri. Selain pengetahuan, sikap juga merupakan salah satu hal yang menentukan derajat kesehatan seseorang. Semakin baik sikap kepala keluarga terhadap pentingnya rumah sehat dan komponen rumah sehat maka akan semakin besar peluangnya untuk mengambil keputusan untuk memiliki rumah yang layak dan sehat Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap kepala keluarga tentang rumah sehat dengan kondisi rumah di Dusun Kresan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan Bantul. Metode Penelitian : Desain penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu 72 rumah di Dusun Kresan, Desa Triwidadi, Kecematan Bantul. Instrumen penelitian adalah kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian : Tingkat pengetahuan kepala keluarga tentang rumah sebagian besar kurang sebanyak 29 orang (40,3%). Sikap kepala keluarga lebih banyak tidak mendukung yaitu sebanyak 38 orang (52,8%). Kondisi rumah sebagian besar adalah rumah tidak sehat sebanyak 50 orang (69,4%). Hasil uji chi-square antara pengetahuan dengan kondisi rumah sehat diperoleh ρ sebesar 0,002. Uji chi-square STIKES JENDERAL A. YANI YOGYAKARTA antara sikap dengan kondisi rumah sehat diperoleh ρ sebesar 0,000. Kesimpulan : Tingkat pengetahuan dan sikap kepala keluarga tentang rumah sehat berhubungan dengan kondisi rumah di Dusun Kresan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan Bantul.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Agus Warseno, M. Kep Dosen Pembimbing II Tri Prabowo, S. Kp, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, kondisi rumah, Knowledge, Attitude, House Condition
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Dec 2016 06:00
Last Modified: 20 Nov 2017 02:17
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item