PENGARUH TEKNIK RELAKSASI OTOT PROGRESIF PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Tika Yuliani, - and Wenny Savitri, - (2012) PENGARUH TEKNIK RELAKSASI OTOT PROGRESIF PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tika Yuliani_3208032_nonfull.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text
Tika Yuliani_3208032_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Mellitus merupakan salah satu penyakit degeneratif yang sering tidak terindentifikasi sampai komplikasi muncul. Kita ketahui pula bahwa penyakit DM merupakan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, sehingga perlu penanganan yang terus menerus untuk mengontrol hiperglikemi agar tidak terjadi komplikasi. Salah satu faktor terjadinya hiperglikemia pada pasien Diabetes Mellitus tipe 2 adalah stres. Stres dapat menyebabkan kadar gula darah seseorang meningkat, ini di sebabkan oleh pengeluaran epinefrin. Salah satu bentuk cara meredakan ketegangan emosional yang cukup mudah dilakukan adalah relaksasi otot progresif, selain mudah dan praktis untuk dilakukan, teknik relaksasi otot progresif dapat dilakukan kapan saja. Tujuan Penelitian: Diketahui pengaruh teknik relaksasi otot progresif terhadap kadar gula darah pada pasien Diabetes Mellitus tipe 2. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperiment. Jumlah sampel yang digunakan 12 responden, dengan metode sampel berpasangan yaitu 12 responden sebagai kelompok intervensi dan kelompok kontrol dari RSUD Panembahan Senopati Bantul. Teknik pengambilan sampel sendiri dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariabel dan analisis bivariabel menggunakan Paired sample T-test dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil: Penurunan kadar gula darah pada pasien Diabetes Mellitus tipe 2 dengan intervensi teknik relaksasi otot progresif lebih tinggi (p=0,000) dibanding saat pengobatan tanpa intervensi teknik relaksasi otot progresif (p=0,003) Kesimpulan: Teknik relaksasi otot progresif dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien DM tipe 2, terlihat dari perbedaan penurunan kadar gula darah antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Wenny Savitri, S.Kep.,Ns., MNS., Dosen Pembimbing II Masta Hutasoit, S.Kep., Ns
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, Teknik relaksasi otot progresif, progressive muscle relaxation technique
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan Unjaya
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:16
Last Modified: 14 Feb 2019 08:39
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item