HUBUNGAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI DUSUN GAMPING KIDUL, SLEMAN, YOGYAKARTA

Rizky Yuspita Sari, - (2016) HUBUNGAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI DUSUN GAMPING KIDUL, SLEMAN, YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizky Yuspita Sari_2212092_nonfull resize.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
Rizky Yuspita Sari_2212092_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Lanjut usia (lansia) mulai mengalami perubahan fisik, perubahan peran, kedudukan sosial, serta perpisahan dengan orang yang dicintai. Hal tersebut dapat memicu gangguan mental. salah satu gangguan mental yang sering ditemukan yaitu depresi. Depresi terjadi akibat beberapa faktor salah satunya interaksi social. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bentuk interaksi sosial dengan tingkat depresi pada lansia di Dusun Gamping Kidul Sleman Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross sectional dan sample berjumlah 110, tehnik pengambilan sampling menggunakan proportional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan alat ukur tingkat depresi Geriatric Depression Scale (GDS) dan bentuk interaksi sosial. Hasil penelitian dianalisis dengan uji Kendall’s tau. Hasil Penelitian: Hasil uji Kendall’s tau bentuk interaksi sosial asosiatif diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,339 dengan p value 0,000 < 0,05. Nilai koefisien korelasi bentuk interaksi sosial disosiatif sebesar -0,375 dengan p value 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan bentuk interaksi sosial dengan tingkat depresi pada lansia di Dusun Gamping Kidul Sleman Yogyakarta dengan keeratan hubungan rendah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Suwarno, MNS ; Dosen Pembimbing II Rosa Delima Ekwantini, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: bentuk interaksi sosial, tingkat depresi, lanjut usia, forms social interaction, level of depression, elderly
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PJ Keperawatan Jiwa
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Dec 2016 03:27
Last Modified: 17 Nov 2017 02:56
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item