HUBUNGAN PAPARAN IKLAN ROKOK DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SMP NEGERI 2 GAMPING

Fitriana Ramadhani, - (2016) HUBUNGAN PAPARAN IKLAN ROKOK DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SMP NEGERI 2 GAMPING. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitriana Ramadhani_2212022_nonfull resize.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Merokok adalah perilaku yang sangat mudah dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini rokok bukan saja dikonsumsi oleh orang dewasa akan tetapi remaja bahkan anak – anak. Mereka mulai mengenal rokok dan mencoba rokok akibat pengaruh iklan rokok di televisi dan media massa. Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara paparan iklan rokok dengan sikap dan perilaku merokok pada remaja laki-laki di SMP Negeri 2 Gamping. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 130 responden dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunkan kuesioner,. Analisis data diolah menggunakan SPSS for windows dengan uji signifikan p<0.05. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan 87 responden (66,9%) terpapar iklan rokok dalam kategori rendah, 125 responden (96,2%) memiliki sikap yang positif, 77 responden (59,2%) merupakan perokok ringan. Hasil analisis hubungan paparan iklan rokok dengan sikap merokok pada remaja laki-laki di SMP Negeri 2 Gamping didapatkan nilai signifikan sebesar 0.001 dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0.274 (lemah), analisis hubungan paparan iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja laki-laki di SMP Negeri 2 Gamping didapatkan nilai signifikan sebesar 0.005 dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0.276 (lemah), dan analisis hubungan sikap dengan perilaku merokok pada remaja laki-laki di SMP Negeri 2 Gamping didapatkan nilai signifikan sebesar 0.167. Kesimpulan: Kategori rendah terpapar iklan rokok, sikap positif, dan perilaku merokok ringan memiliki jumlah lebih besar dibanding yang lain, terdapat hubungan antara paparan iklan rokok dengan sikap merokok dan memiliki tingkat keeratan hubungan kategori lemah, terdapat hubungan antara paparan iklan rokok dengan perilaku merokok dan memiliki tingkat keeratan hubungan lemah, dan tidak terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku merokok pada remaja lakilaki di SMP Negeri 2 Gamping.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Suwarno, MNS ; Dosen Pembimbing II Yuni Very Anto S.Kep., Ns
Uncontrolled Keywords: Iklan Rokok, Sikap, Perilaku Merokok, Cigarette advertising, attitude, Smoking behavior
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PR Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Dec 2016 10:45
Last Modified: 24 Dec 2016 10:45
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item