HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Arum Wahyuni, - (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HEMODIALISIS DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arum Rahmayuni_2212153_nonfull resize.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang :Pada akhir tahun 2004, angka kejadian gagal ginjal diseluruh dunia meningkat. Sehingga, pasien yang menjalani terapi hemodialisis mencapai 1.371.000 orang. Pasien gagal ginjal menjadi ketergantungan dengan terapi hemodialisis, pelaksanaan terapi hemodialisis 2-3 kali seminggu selama 3-4 jam akan menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Masalah lain yang muncul seperti masalah finansial, kesulitan dalam mempertahankan pekerjaan, dorongan seksual berkurang, depresi dan ketakutan terhadap kematian. Hal ini akan memengaruhi kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis. Untuk itu pasien memerlukan dukungan keluarga. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien hemodialisis di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode :Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah pasien yang menjalani terapi hemodialisis di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul yang berjumlah 71 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik Spearman Rank. Hasil :Dukungan keluarga paling banyak kategori cukup yaitu sebanyak 31 orang (43,7%). Kualitas hidup pasien hemodialisis paling banyak kategori cukup yaitu sebanyak 35 orang (49,3%). Hasil analisis statistik didapatkan p-value =0,000 (p<0,05) dan r= 0,806. Simpulan :Ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien hemodialisis di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul dengan kekuatan hubungan kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Siti Fadlilah, S.Kep., Ns., MSN ; Dosen Pembimbing II Tetra Saktika Adinugraha, M.Kep., Ns.Sp.Kep.MB
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Kualitas Hidup, Hemodialisis, Family Support, Quality of Life, Hemodialysis
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PR Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 03 Jan 2017 08:10
Last Modified: 03 Jan 2017 08:10
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item