HUBUNGAN LAMA REHABILITASI DENGAN HARGA DIRI PADA RESIDEN NAPZA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PAMARDI PUTRA YOGYAKARTA

Rodliya Winda Puspita, - (2016) HUBUNGAN LAMA REHABILITASI DENGAN HARGA DIRI PADA RESIDEN NAPZA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PAMARDI PUTRA YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rodliya Winda Puspita_2212145_nonfull resize.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) setiap tahun semakin meningkat, sehingga memberikan berbagai dampak pada penyalahguna NAPZA salah satunya adalah gangguan harga diri. Harga diri adalah sebuah penilaian individu terhadap dirinya sendiri. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mencegah beberapa dampak yang muncul adalah rehabilitasi bagi penyalahguna NAPZA yang bertujuan untuk membebaskan pecandu dari ketergantungan dengan harapan penyalahguna NAPZA dapat kembali normal dan berperilaku baik dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan : Mengetahui hubungan lama rehabilitasi dengan harga diri pada residen NAPZA di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Metode : Deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah residen NAPZA di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Yogyakarta yang berjumlah 57 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik Spearman. Hasil : Hasil analisis statistik diketahui bahwa rata-rata lama rehabilitasi responden adalah 19,56 minggu, dan harga diri mayoritas kategori sedang dengan p-value = 0,000 (p<0,05) dan r = 0,504. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara lama rehabilitasi dengan harga diri pada residen NAPZA di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Sutejo, M.Kep., Sp.Kep.J ; Dosen Pembimbing II Suwarno, MNS
Uncontrolled Keywords: Harga Diri, Lama Rehabilitasi, Residen NAPZA, Self-esteem, Length of Rehabilitation, Drug residents Yogyakarta
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 14 Jan 2017 05:29
Last Modified: 14 Jan 2017 05:29
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item