GAMBARAN AKTIVITAS FISIK PENDUDUK USIA DEWASA DENGAN HIPERTENSI DI DESA PENDOWOHARJO BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Niki Yuliza Pratiwi, - and Wenny Savitri, - and Miftafu Darussalam, - (2016) GAMBARAN AKTIVITAS FISIK PENDUDUK USIA DEWASA DENGAN HIPERTENSI DI DESA PENDOWOHARJO BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Niki Yuliza Pratiwi_3211089_nonfull resize.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
Niki Yuliza Pratiwi_3211089_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Aktivitas Fisik adalah Gerakan yang dilakukan oleh tubuh dan penunjangnya. Aktivitas fisik yang teratur dapat mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit dan meningkatkan kondisi kesehatan serta kualitas hidup secara menyeluruh. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah sebuah kondisi medis saat seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal. Faktor yang mempengaruhi aktivitas fisik yaitu: usia, genetik, jenis kelamin, status gizi, dan kebiasaan merokok. Seseorang dengan aktivitas fisik rendah lebih beresiko terkena hipertensi dibanding dengan seseorang yang aktivitas fisiknya tinggi. PERPUSTAKAAN STIKES JENDERAL A. YANI YOGYAKARTA Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas fisik penduduk usia dewasa dengan hipertensi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 69 responden dengan teknik simple random sampling. Analisis statistik menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini terdapat dua kategori aktivitas fisik yaitu aktivitas fisik ringan (88,4% ) dan aktivitas fisik sedang (11,6% ). aktivitas fisik waktu luang pada penduduk usia dewasa dengan hipertensi di Desa Pendowoharjo Bantul adalah sebesar 70,5%, aktivitas fisik waktu kerja adalah sebesar 26,7%, dan aktivitas fisik waktu olah raga sebesar 2,8%. Kesimpulan: Aktivitas fisik pada penduduk usia dewasa dengan hipertensi di Desa Pendowoharjo Bantul sebagian besar kategori ringan sebanyak 61 orang (88,4%).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Wenny Savitri, S.Kep., Ns., MNS ; Dosen Pembimbing II Miftafu Darussalam, M.Kep., Sp.Kep.MB
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Hipertensi dan Usia Dewasa, Physical Activities, Hypertension, Adult
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 14 Jan 2017 07:43
Last Modified: 15 Feb 2019 08:00
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item