GAMBARAN PERILAKU PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN CUCI TANGAN DI RUANG ANGGREK DAN WIJAYA KUSUMA RSUD WATES

Andi Hartono, - (2015) GAMBARAN PERILAKU PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN CUCI TANGAN DI RUANG ANGGREK DAN WIJAYA KUSUMA RSUD WATES. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img] Text
Andi Hartono_3209058_full.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Andi Hartono_3209058_nonfull resize.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Menurut WHO (World Health Organization), rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Infeksi nosokomial terjadi karena adanya transmisi mikroba patogen yang bersumber dari lingkungan rumah sakit dan perangkatnya. Pencucian tangan selama 20-30 detik dengan menggosok keras khususnya daerah sekitar kuku dan diantara jari-jari dapat menghilangkan organisme transien. Tujuan: Mengetahui gambaran perilaku perawat dalam melaksanakan cuci tangan di Ruang Bedah dan Saraf RSUD Wates Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif observasi. Lokasi penelitian berada di ruang Anggrek dan Wijaya Kusuma RSUD Wates. Hasil Penelitian: Perawat di ruang Anggrek dan Wijaya Kusuma sebagian besar berumur 30-40 tahun (57,6%) yang sebagian besar juga berjenis kelamin perempuan (81,8%). Perawat di ruang tersebut juga sebagian besar berpendidikan DIII (75,8%) dan mempunyai masa kerja > 5 tahun (51,5%). Perawat di Ruang Bedah dan Saraf RSUD Wates sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan yang baik (63,6%), sikap dalam melaksanakan cuci tangan yang baik (60,6%), tindakan dalam melaksanakan cuci tangan yang baik (54,5%) dan perilaku dalam melaksanakan cuci tangan yang baik (69,7%). Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perilaku perawat dalam melaksanakan cuci tangan di ruang bedah dan saraf RSUD Wates sebagian besar dilakukan dengan baik. Saran: Hasil penelitian ini hendaknya digunakan sebagai motivasi dalam meningkatkan perilaku perawat menjadi lebih baik terutama dalam mencuci tangan.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Sri Arini, M.Kep ; Dosen Pembimbing II Deby Zulkarnain Rahardiansyah, S. Kep., Ns., MMR
Uncontrolled Keywords: Perilaku Perawat, Cuci Tangan, Word: Attitude, Nurse, Hand Washing
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:31
Last Modified: 23 Nov 2017 08:45
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item