HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMPN 3 GRABAG MAGELANG

Joko Setyabudi, - (2015) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMPN 3 GRABAG MAGELANG. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Joko Setyobudi_3211052_nonfull resize.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
Joko Setyobudi_3211052_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Tujuan utama pengasuhan orang tua adalah mempertahankan kehidupan fisik anak dan meningkatkan kesehatanya untuk mengembangkan dan mendorong peningkatan perilaku sesuai dengan nilai agama dan budaya yang diyakini. Pada masa remaja merupakan masa transisi seseorang dari anak-anak menjadi dewasa, dan pada masa tersebut remaja mulai menunjukan jati dirinya dengan menunjukan perilaku yang bermacam-macam, salah satunya adalah perilaku menyimpang yaitu perilaku merokok. Penduduk umur 10 tahun ke atas menurut kebiasaan merokok di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah tahun 2007 jumlah perokok setiap hari mencapai 28,6% dan jumlah perokok kadangkadang sebesar 6,8%. Tujuan : Mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku merokok pada siswa SMP N 3 Grabag Magelang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Subyek penelitian ini sebanyak 62 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisa data menggunakan koefisien kontingensi dengan α = 0,05. Hasil : Berdasarkan penelitian diperoleh data mengenai pola asuh otoriter sebanyak 33 orang (53,2%), pola asuh permisif sebanyak 19 orang (30,6%), dan demokratis sebanyak 10 (16,1%) dengan p value 0,027 (p value < 0,05) . Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perilaku merokok remaja di SMP N 3 Grabag Magelang dengan hasil p value 0,027. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perilaku merokok remaja di SMP N 3 Grabag Magelang.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Deby Zulkarnain Rahardiansyah, S.Kep., Ns., MMR ; Dosen Pembimbing II Latifah Susilowati, S.Kep., Ns.
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, Remaja, Perilaku merokok, parenting patterns, teenagers, smoking behaviors
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:59
Last Modified: 29 Nov 2017 02:34
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item