PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KB PADA IBU POST PARTUM TERHADAP PENGETAHUAN DAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI DI PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA

Anggraeni Anggita Dewi, - (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KB PADA IBU POST PARTUM TERHADAP PENGETAHUAN DAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI DI PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anggraeni Anggita Dewi_3209094_nonfull resize.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Penyebab kurangnya penggunaan alat kontrasepsi antara lain kesadaran dan pengetahuan wanita usia subur dalam memilih alat kontrasepsi. Salah satu usaha untuk meningkatkan pengetahuan yaitu dengan memberikan pendidikan kesehatan. Faktor pengetahuan seseorang sangat menentukan dalam pola pengambilan keputusan dan menerima informasi dari pada seseorang yang berpendidikan rendah. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang KB pada ibu post partum terhadap pengetahuan dan pemilihan metode kontrasepsi di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta. Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah quasy experiment dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu postpartum yang bersalin di Puskesmas Tegalrejo dan Puskesmas Mergangsan Yogyakarta berjumlah 66 orang yang dipilih dengan accidental sampling. Analisa data menggunakan uji univariat dan bivariat dengan nilai signifikansi p < 0,05, CI- 95%. Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan ibu post partum tentang KB pretest di Puskesmas Tegalrejo adalah cukup (78,79%) sedangkan posttest adalah cukup (81,82%). Tingkat pengetahuan ibu post partum tentang KB pretest di Puskesmas Mergangsan adalah cukup (81,82%) sedangkan posttest adalah cukup (84,85%). Ibu post partum pretest di Puskesmas Tegalrejo memilih suntik (39,39%) sedangkan posttest memilih suntik (45,4,5%). Ibu post partum pretest dan posttest di Puskesmas Mergangsan memilih suntik (60,6%). Ada perbedaan signifikan pengetahuan tentang KB pretest dan posttest kelompok intervensi (p < 0,05) namun tidak signifikan pada kelompok kontrol (p > 0,05). Kesimpulan: Pengaruh pendidikan kesehatan tentang KB terhadap pengetahuan tentang KB kelompok intervensi yaitu signifikan sedangkan pada kelompok kontrol tidak signifikan. Pengaruh pendidikan kesehatan tentang KB terhadap pemilihan alat kontrasepsi kelompok intervensi dan kelompok kontrol tidak signifikan (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Sri Sumaryani, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Mat. ; Dosen Pembimbing II Ika Parmawati, S.Kep., Ns.
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, pemilihan alat kontrasepsi, health education, knowledge, contraceptive selection
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BB Keluarga Berencana(KB)
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PM Keperawatan Maternitas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:42
Last Modified: 29 Nov 2017 04:00
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item