HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI ICU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

Ahmad Baihaki, - (2015) HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI ICU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ahmad Baihaki_3211134_nonfull resize.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan pada keluarga pasien dan pasien yang terjadi terus menerus akan menurunkan respon imun, jika ini terjadi maka timbul komplikasi penyakit lain dan akan menjadi trauma psikologis yang lama kelamaan akan mengganggu kesehatan jiwa. Kondisi stres dan cemas seperti ini dapat diturunkan dengan adanya komunikasi terapeutik. Tehnik komunikasi terapeutik yang dapat digunakan perawat untuk menurunkan kecemasan adalah mendengarkan dan memberikan perhatian penuh, sehingga efektif untuk menurunkan kecemasan dan mempercepat penyembuhan. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan kualitas komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ICU RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta pada tahun 2015. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analitik crossectional. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 36 responden keluarga dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Analisis statistik inferensial menggunakan uji Korelasi Rank Spearman dengan tingkat kepercayaan 95% (α= 0,05). Metode pengambilan data menggunakan kuesioner komunikasi terapeutik dan skala kecemasan HARS. Hasil Penelitian: Komunikasi terapeutik perawat di ICU RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta dalam kategori baik sebanyak 15 (41,7%) dan Sebagian besar keluarga mengalami cemas mulai dari cemas ringan sampai cemsd berat sebanyak 23 (63,9%). Nilai p sebesar 0,002 (p<0,05) dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,499 berarti bahwa terdapat hubungan negatif yang bermakna antara komunikasi perawat dengan tingkat kecemasan atau semakin baik komunikasi perawat akan menurunkan tingkat kecemasan keluarga pasien di ICU RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Kekuatan korelasi adalah sedang yaitu r berada pada interval 0,400-0,599. Kesimpulan: Terdapat hubungan negatif komunikasi perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ICU RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Muhamat Nofiyanto, M.Kep ; Dosen Pembimbing II Novita Nirmalasari, S.Kep., Ns.
Uncontrolled Keywords: komunikasi terapeutik, kecemasan, keluarga, ICU, theurapic communication quality, anxiety, family
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2017 06:48
Last Modified: 24 Nov 2017 08:20
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item