HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENGELOLAAN DIARE DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN TABLET ZINC PADA BALITA DI PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN

Inke Ayomi Nur Hapzah, - and Masta Hutasoit, - (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENGELOLAAN DIARE DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN TABLET ZINC PADA BALITA DI PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN. Post-Doctoral thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Naspub)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (697kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Diare menjadi masalah kesehatan di masyarakat dan merupakan penyebab kematian nomor 2 pada balita setelah pneumonia. Penggunaan zinc yang dilakukan dari seluruh dunia melaporkan bahwa suplemen zinc dapat berkontribusi untuk mempersingkat durasi diare. Tingginya angka kejadian diare pada anak, tidak terlepas dari peran ibu, tingkat pengetahuan, serta sikap dalam menerima informasi mengenai pengelolaan tablet zinc pada balita diare, sehingga dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan seorang ibu dalam pemberian tablet zinc. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang diare dengan kepatuhan pemberian tablet zinc pada balita di Puskesmas Gamping II Sleman Motode: Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 47 responden. Data diambil dengan menggunakan kuesionar pengetahua pengelolaan diare yang sebelumnya telah dilakukan ujivaliditas. Analisis data yang digunakan adalah uji Contingency coefficient. Hasil: Ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pengelolaan diare dengan kepatuhan pemberian tablet zinc pada balita di Puskesmas Gamping II Sleman. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik yaitu sebanyak 31 responden.(66,0%). Hasil uji Contingency coefficient diperoleh tingkat signifikan sebesar P value = 0,001 < 0,05 dengan nilai koefisien kolerasi sebesar 0,473 yang menujukkan keeratan hubungan yang sedang. Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pengelolaan diare dengan kepatuhan pemberian tablet zinc pada balita di Puskesmas Gamping II Sleman.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Pengelolaan Diare, Kepatuhan, Tablet zinc, Diare
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2017 09:25
Last Modified: 15 Jan 2019 02:41
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item