HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU NUR HIDAYAH BANTUL

Awanda Sukmaria Agustina Dewi, - (2015) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU NUR HIDAYAH BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Awanda Sukmaria Agustina Dewi_3210003_nonfull resize.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
Awanda Sukmaria Agustina Dewi_3210003_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Mutu pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk tetap dapat menjaga keberadaan suatu rumah sakit. Tingginya kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan tercapai bila terpenuhinya kebutuhan pasien atau keluarga terhadap pelayanan yang diharapkan, jika penerapan jaminan mutu pelayanan kesehatan tercapai dengan baik akan menimbulkan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Nur Hidayah Bantul. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan tehnik accidental sampling yang berjumlah 66 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Sebagian besar responden memperoleh mutu pelayanan keperawatan kategori baik yaitu 53,0% dan sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan RSU Nur Hidayah Bantul yaitu 51,5%. Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kesalahan 5% (0,001< 0,05). Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Nur Hidayah Bantul.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Novita Nirmalasari, S.Kep., Ns. ; Dosen Pembimbing II Khristina Dias Utami S.Kep., Ns.
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Nursing Care Quality, Patient Satisfaction, InPatient
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:15
Last Modified: 29 Nov 2017 01:58
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item