PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DALAM MENANGANI DISMENORE DI SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Arlin Dewi Utari, - (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DALAM MENANGANI DISMENORE DI SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arlin Dewi Utari_3211130_full.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arlin Dewi Utari_3211130_nonfull resize.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Masa remaja menunjukkan adanya pematangan organ reproduksi salah satunya terjadi menstruasi. Menstruasi merupakan female reproductive cycle. Saat menstruasi biasanya disertai dismenore yang dapat mengganggu aktifitas remaja dan menurunkan kualitas hidup individu. Di Indonesia angka kejadian dismenore sebesar 64,25%. Pengetahuan remaja tentang dismenore menunjukkan 78,3% remaja putri termasuk dalam kategori tingkat pengetahuan yang kurang. Maka perlu adanya pendidikan kesehatan tentang dismenore, pentingnya pengetahuan tentang dismenore dapat merubah sikap remaja dalam menangani dismenore secara tepat dan baik, sehingga dapat tercapai perilaku sehat (helath behavior). Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam menangani dismenore. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimen dengan desain pretest and posttest non-equivalent control group. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 36 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik convinience sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariabel dan analisis bivariabel menggunakan Paried t-test dan Independent t-test dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil: Ada perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap pretest dan posttest pada kelompok intervensi dengan nilai p-value 0,000 (<0,05). Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap pretest dan posttest kelompok kontrol dengan nilai p-value 0,44 (<0,05) dan pada sikap nilai p-value 0,028 (<0,05). Ada perbedaan posttest tingkat pengetahuan dan sikap pretest dan posttest antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p-value 0,047 (<0,05) dan pada sikap nilai p-value 0,003 (<0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang dismenore terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam menangani dismenore di SMPN 1 Pleret.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Yanita Trisetyaningsih, M.Kep ; Dosen Pembimbing II Falasifah Ani Y, S.Kep., Ns., MAN
Uncontrolled Keywords: Dismenore, Pengetahuan, Sikap, Dismenorrhea, Knowledge, Attitude
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:19
Last Modified: 24 Nov 2017 03:39
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item