FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KADER KESEHATAN DALAM KEGIATAN POSYANDU BALITA DI DESA PUTAT PATUK GUNUNGKIDUL

Heni Trisnani, - and Agus Warseno, - and Dewi Utari, - (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KADER KESEHATAN DALAM KEGIATAN POSYANDU BALITA DI DESA PUTAT PATUK GUNUNGKIDUL. Strata 1 thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI HENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Naspub)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (364kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan adalah menumbuh kembangkan posyandu. Posyandu akan maju apabila kader berperan aktif dalan setiap kegiatan posyandu melalui pembinaan dan pengawasan oleh petugas kesehatan. Akan tetapi tidak semua kader memiliki tingkat keaktifan yang sama.hal ini terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Tujuan: Mengetahui faktor umur, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, pelatihan, pembinaan, dan dukungan keluarga yang berhubungan dengan keaktifan kader kesehatan dalam kegiatan posyandu balita di Desa Putat Patuk Gunungkidul. Metode: Jenis penelitian korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh kader posyandu yang berada di Desa Putat Patuk Gunungkidul sebanyak 45 orang dari 9 posyandu. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, sedangkan analisa data menggunakan uji Kendall Tau, Kruskal Wallis,dan Chi- Square. Hasil: Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara pendidikan, pelatihan, pembinaan, dan dukungan keluarga (p-value : 0,037; 0,005; 0,013;0,001). Selain itu untuk faktor yang tidak berhubungan dengan keaktifan kader adalah umur, pekerjaan, dan status perkawinan (p-value : 0,697; 0,742; 1,000). Kesimpulan: Faktor yang berhubungan dengan keaktifan kader di Desa Putat Patuk Gunungkidul adalah pendidikan, pelatihan, pembinaan, dan dukungan keluarga.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Kader, Posyandu
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2017 04:32
Last Modified: 15 Jan 2019 04:31
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item