PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA NARKOBA PADA REMAJA DI SMA N 1 TURI YOGYAKARTA

Nawan Budi Santoso, - and Wenny Savitri, - and Dewi Utari, - (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA NARKOBA PADA REMAJA DI SMA N 1 TURI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Nawan Budi Santoso_3207019_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Nawan Budi Santoso_3207019_nonfull.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Badan Narkotika Nasional (2009) menyimpulkan bahwa prevalensi penyalahguna narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa adalah 4,7% atau sekitar 921.695 orang. Pada umumnya remaja terlibat penyalahgunaan narkoba selain karena kelompok teman, juga karena ketidaktahuan bahwa narkoba itu merusak kesehatan (Hawari, 2002). Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan Siswa SMA N 1 Turi tentang bahaya dari narkoba. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan rancangan One Group PreTtest and Post Test Design. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling yaitu remaja kelas XI IPA dan IPS yang berada di SMA N 1 Turi yang memenuhi Kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 83 remaja. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasar teori yang ada. Data penelitian dianalisis dengan rumus Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian : Tingkat pengetahuan tentang bahaya narkoba pada siswa SMA N 1 Turi Yogyakarta sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang bahaya narkoba adalah Baik (0%), Cukup (4,8%), dan Kurang (95,2%), sedangkan tingkat pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang bahaya narkoba adalah Baik (6,0%), Cukup (50,6%), dan Kurang (43,4%). Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh (Z= -6,41, P=,000), berarti ada perbedaan bermakna tingkat pengetahuan remaja tentang bahaya narkoba sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan. Simpulan : Pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang bahaya narkoba pada remaja di SMA N 1 Turi Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Pembimbing 1 : Wenny Savitri Pembimbing 2 : Dewi Utari
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, narkoba, pendidikank kesehatan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:54
Last Modified: 14 Feb 2019 08:19
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item