PERAN PENDAMPINGAN PEER GROUP DALAM MENURUNKAN TINGKAT DEPRESI PADA ORANG DENGAN HIV/AIDS DI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA YANG BERADA DIBAWAH NAUNGAN VICTORY PLUS DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dwi Sartika, - and Wenny Savitri, - and Sri Purwaningsih, - (2010) PERAN PENDAMPINGAN PEER GROUP DALAM MENURUNKAN TINGKAT DEPRESI PADA ORANG DENGAN HIV/AIDS DI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA YANG BERADA DIBAWAH NAUNGAN VICTORY PLUS DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Sartika_3206016_nonfull.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
Dwi Sartika_3206016_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah salah satu penyakit yang termasuk kategori kronis, yang muncul karena adanya infeksi yang disebabkan oleh masuknya virus yang disebut Human Immunodeficiency Virus (HIV). HIV menyerang dan menurunkan fungsi kekebalan tubuh manusia secar a bertahap, dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui hubungan seksual, melalui darah, melalui ASI yang terpapar HIV, serta melalui penggunaan jarum suntik bersama. Sementara hingga sa at ini belum adanya vaksin yang dapat menyembuhkan atau membunuh HIV. Hal ini dapat membuat orang yang terinfeksi HIV/AIDS (ODHA) mengalami depresi, yang apabila tidak diintervensi akan berdampak negatif bagi kesehatan ODHA karena semakin menurunnya fungsi kekebalan tubuh. Salah satu bentuk intervensi untuk mengatasi depresi adalah melalui dukungan sosial. Dukungan sosial adalah suatu bentuk bantuan dari orang -orang yang dianggap dekat secara emosional, dan berfungsi memberikan kenyamana fisik dan psikologi s. Dukungan sosial yang diberikan bisa dalam bentuk emotional support, informational support, instrumental support, dan appraisal support. Tujuan: Untuk mengetahaui tingkat signifikansi peran pendampingan peer group dalam menurunkan tingkat depresi pada ODHA di KDS Dimas Support dan Diajeng yang berada dibawa naungan victory plus, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-ekperimental, menggunakan cross sectional dengan pendekatan deskriptif korelasional. Subjek adalah ODHA yang ada di KDS Dimas Support dan Diajeng dengan lama terinfeksi ± 6 -24 bulan, dan berusia ≥ 18 tahun, diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory, dan kuesioner pendampingan. Analisis data menggunakan rank order correlation dari Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% ODHA mengalami depresi ringan, 15% mengalami depresi sedang dengan karakteristik gejala depresi gejala emosional, gejala fisik, gejala motivasional , dan gejala kognitif, ODHA memiliki dukungan sosial yang tinggi dalam bentuk appraisal support, instrumental support, emotional support, dan informational support. Analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan negatif antara pendampingan dengan tingkat de presi (r hitung= -0.577; p=0.008 ). Simpulan: Terdapat hubungan negatif yang bermakna antara peran pendampingan peer group dalam menurunkan tingkat depresi pada ODHA di KDS Dimas Support dan Diajeng yang berada dibawa naungan victory plus Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Wenny Savitri S.Kep.,Ns.,MNS Dosen Pembimbing 2: Sri Purwaningsih S.Kep.,Ns
Uncontrolled Keywords: Pendampingan peer group, depresi, dukungan sosial, ODHA
Subjects: Keperawatan > PJ Keperawatan Jiwa
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:01
Last Modified: 14 Feb 2019 08:22
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item