HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KADER POSYANDU DALAM PELAYANAN POSYANDU DI DESA GOTAKAN PANJATAN WATES KULONPROGO

Yuliani Kurnia Sari, - (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KADER POSYANDU DALAM PELAYANAN POSYANDU DI DESA GOTAKAN PANJATAN WATES KULONPROGO. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yulia Kurnia Sari_3207031_nonfull.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Yuliani Kurnia Sari_3207031_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Salah satu peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat diwujudkan melalui berbagai upaya yang dimulai dari diri sendiri, keluarga sampai dengan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM). Upaya kesehatan yang bersumber masyarakat ini telah dikembangkan salah satunya adalah Posyandu (Depkes RI, 2004). Posyandu dapat dimanfaatkan dengan baik apabila penyelenggaraannya dilaksanakan oleh kader yang sudah dilatih, memiliki pengetahuan dan sikap yang baik sehingga dapat memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap kader posyandu dalam pelayanan posyandu di desa Gotakan Panjatan Wates Kulon Progo. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan rancangan cross sectional. Sampelnya adalah kader posyandu yang berjumlah 40 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian : Hasil uji chi square peroleh p-value sebesar 0,017 < � (0,05) sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan kader tentang Posyandu dengan sikap dalam pelayanan Posyandu di Desa Gotakan, Panjatan, Wates, Kulon Progo. Nilai koefisiensi kontingansi sebesar 0,411 menunjukkan tingkat hubungan yang terjadi antara tingkat pengetahuan kader tentang Posyandu dengan sikap dalam pelayanan Posyandu adalah sedang. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan sikap kader posyandu dalam pelayanan posyandu. Sedangkan keeratan hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap kader posyandu dalam pelayanan posyandu adalah sedang.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Pembimbing 1 :Sri Arini Pembimbinf 2 :Agus Warseno
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, kader posyandu, sikap, pelayanan posyandu
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:10
Last Modified: 29 Nov 2017 02:10
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item