HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI DESA PAGERSARI KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Anis Fatulloh, - (2010) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI DESA PAGERSARI KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Fatulloh_3206020_nonfull.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
Anis Fatulloh_3206020_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Latar Belakang : Masalah kesehatan yang erat kaitannya dengan pertumbuhan anak balita adalah giz i kurang. Gizi kurang akan mengakibatkan gangguan perkembangan tubuh lainnya termasuk otak. Penderita gizi kur ang kebanyakan adalah anak-anak, umumnya mereka kekurangan gizi akibat minimnya makanan yang bisa mereka makan . Salah satu faktor penyebab gizi buruk adalah pola asuh ibu dimana tingkat pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian makanan sangat penting untuk diperhatikan. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian makanan tambahan terhadap status gizi balita di Desa Pagersari Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan cross sectional. Tempat penelitian Desa Pagersari Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Sampel yang digunakan adalah ibu yang mempunyai anak balita yang tinggal di Desa Pagersari. Variabel yang diteliti adalah tingkat pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian makanan tambahan, serta status gizi balita. Data yang di peroleh dianalisis dengan uji statistik spearman rank. Hasil Penelitian : Hasil uji statistik spearman rank diketahui bahwa nilai r hitung untuk pengetahuan 0,280, r hitung untuk sikap adalah 0,297 dan ( p<0,05) pada tingkat pengetahuan p= 0,015 dan sikap p=0,023 yang artinya Ho ditolak dengan demikian hasil dari penelitian adalah ada hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian makanan tambahan terhadap status gizi balita. Kesimpulan : Ada hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian makanan tambahan terhadap status gizi balita di Desa Pagersari Kecamatan Mungkid Kabupaten Mag elang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Ni Ketut Mendri Dosen Pembimbing 2: Anastasia suci S
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, sikap, pemberian makanan tambahan, status gizi balita.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:15
Last Modified: 02 Nov 2017 08:15
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item