HUBUNGAN PEMBERIAN JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD PANEMBAHAN SENOPATI KABUPATEN BANTUL

Esthi Budhi Asih, - (2010) HUBUNGAN PEMBERIAN JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD PANEMBAHAN SENOPATI KABUPATEN BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Esthi Budhi Asih_3208011_nonfull.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
Esthi Budhi Asih_3208011_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Perawat merupakan jumlah yang besar di bagian kepegawaian. Untuk meningkatkan kinerja mereka, rumah sakit memberikan jasa pelayanan sebagai bentuk penghargaan (reward) . Pemberian jasa pelayanan rumah sakit diatur dengan sistem remunerasi. Sejak ditetapkan peraturan tahun 2004 tentang pemberian jasa pelayanan belum pernah dilakukan evaluasi. Tujuan: Mengetahui besarnya pemberian jasa pelayanan dan tingkat kepuasan kerja perawat serta hubungan pemberian jasa pelayanan terhadap kepuasan kerja perawat di Ruang Rawat Inap rumah sakit. Metoda: Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat ruang rawat inap di rumah sakit. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 61 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pemberian jasa dan kepuasan kerja serta diperkuat dengan Focus Group Discussion ( FGD) sebanyak 2 kelompok. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan metoda Kendal Tau untuk menganalisis hubungan pemberian jasa pelayanan dengan kepuasan kerja perawat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jasa pelayanan di ruang rawat inap sebagain besar termasuk kategori tinggi yaitu 48 responden (78,7%), yang termasuk kategori sedang 13 responden (21,3%) dan tidak ada dengan kategori rendah. Kepuasan kerja perawat sebagian besar termasuk kategori puas yaitu sebanyak 37 responden (60,7%) dan kategori cukup puas sebanyak 24 responden (39,3%). Hipotesa alternatif (Ha) diterima yaitu ada hubungan signifikan antara pemberian jasa pelayanan dengan kepuasan kerja perawat dengan nilai koefisien korelasi 0,400 dan p = 0,003. Kesimpulan : Sebagian besar perawat ruang rawat inap menunjukkan bahwa pemberian jasa pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit termasuk kategori tinggi yaitu 48 responden (78,7%) dan kepuasan kerja perawat termasuk kategori puas 37 responden (60,7%) serta ada hubungan signifikan antara pemberian jasa pelayanan terhadap kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Endang Purwanti Dosen Pembimbing 2: Nurul Budi Santoso
Uncontrolled Keywords: Jasa Pelayanan, Kepuasan Kerja
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:49
Last Modified: 06 Nov 2017 02:49
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item