HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA WANITA DALAM MENGHADAPI MASA PREMENOPAUSE DI DUSUN PUCANG BLATER BAWANG BANJARNEGARA

Lina Narulita, - (2011) HUBUNGAN BODY IMAGE DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA WANITA DALAM MENGHADAPI MASA PREMENOPAUSE DI DUSUN PUCANG BLATER BAWANG BANJARNEGARA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lina Narulita_3207046_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Lina Narulita_3207046_full (NXPowerLite Copy)-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Menopause adalah masa berakhirnya reproduksi yang disebabkan berkurangnya hormon estrogen dan progesteron yang ditandai dengan berhentinya haid. Terjadi perubahan-perubahan fisik maupun psikologis pada masa menopause yang menimbulkan perubahan pada body image, jika wanita premenopause tidak dapat beradaptasi maka kondisi tersebut dapat menimbulkan kecemasan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan body image dengan tingkat kecemasan wanita dalam menghadapi masa premenopause di Dusun Pucang Blater Bawang Banjarnegara. Metode: Jenis penelitian ini adalah adalah diskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu premenopause yang berusia 40-52 tahun yang masih menstruasi dan ada tanda-tanda menopause. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Variabel body image dan tingkat kecemasan diperoleh dengan menggunakan instrumen kuesioner. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa univariate (analisis frekuensi) dan analisis bivariat (Kolmogorof-Smirnof) untuk menguji hipotesis. Hasil: Hasil analisa data diperoleh mayoritas responden menerima body image sebanyak 70 responden (74,5%). Mayoritas responden mengalami kecemasan sedang sebanyak 66 responden (70,2%). Pengujian mengunakan Kolmogorof- Smirnof diperoleh nilai p-value 0,021 dengan tingkat kemaknaan sebesar 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan body image dengan tingkat kecemasan wanita dalam menghadapi masa premenopause di Dusun Pucang Blater Bawang Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Rosa Delima Dosen Pembimbing 2 :Dwi Susanti
Uncontrolled Keywords: Premenopause, Body Image, Tingkat Kecemasan
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 04:11
Last Modified: 29 Nov 2017 04:11
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item