HUBUNGAN ANTARA KINERJA KADER DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN POSYANDU CEMPAKA DUSUN V DI DESA PLERET, PANJATAN, KULON PROGO, YOGYAKARTA

Putri Rizka Dewi Linda, - (2011) HUBUNGAN ANTARA KINERJA KADER DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN POSYANDU CEMPAKA DUSUN V DI DESA PLERET, PANJATAN, KULON PROGO, YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Putri Rizka Dewi Linda_3207032_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Putri Rizka Dewi Linda_3207032_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Bentuk upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan adalah menumbuh kembangkan Posyandu (Depkes RI, 2005). Faktor penting dalam pelaksanaan Posyandu adalah adanya kader yang berperan dalam sistem 5 meja di kegiatan Posyandu. Adanya penurunan kinerja kader dikhawatirkan akan menurunkan tingkat kepuasan pengunjung Posyandu yang dapat mempengaruhi kelancaran pelaksanaan Posyandu sehingga menghambat pencapaian MDGs. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara kinerja kader dengan tingkat kepuasan pelayanan Posyandu Cempaka Dusun V di Desa Pleret, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Metode Penelitian : penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif non ekperimental dengan metode survey analitik korelasi jenis pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik saturation sampling (sampling jenuh) yaitu sejumlah 30 ibu balita yang berkunjung di Posyandu. Instrumen penelitian adalah kuesioner dan hasil penelitian dianalisis dengan rumus Spearman Rank. Hasil Penelitian : Kinerja kader Posyandu Cempaka di Desa Pleret, Panjatan Kulon Progo, Yogyakarta dalam memberi pelayanan pada masyarakat sebagian besar adalah kurang yaitu sebanyak 12 orang (40%). Tingkat kepuasan pelayanan di Posyandu Cempaka di Desa Pleret, Panjatan Kulon Progo, Yogyakarta sebagian besar adalah kurang yaitu sebanyak 18 orang (60%). Hasil uji Spearman Rank diperoleh dengan nilai p sebesar 0,000 < 0,05 berarti ada hubungan antara kinerja kader dengan tingkat kepuasan pelayanan Posyandu. Simpulan : Kinerja kader mempunyai hubungan dengan tingkat kepuasan pelayanan di Posyandu Cempaka Dusun V di desa Pleret, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Saran : kader lebih meningkatkan skill dan ketrampilan sehingga dapat melaksanakan kegiatan Posyandu secara maksimal

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Rosa Delima, Dosen Pembimbing 2 :Dewi Utari
Uncontrolled Keywords: Kinerja Kader, Kepuasan, Pelayanan, Posyandu Balita.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:58
Last Modified: 29 Nov 2017 02:59
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item