PERSEPSI PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG EDELWEIS RSUD WATES KULON PROGO

Purwoko Agus Widodo, - (2010) PERSEPSI PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG EDELWEIS RSUD WATES KULON PROGO. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Purwoko Agus Widodo_3206003_nonfull.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
Purwoko Agus Widodo_3206003_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi terapeutik merupakan salah satu sarana bagi perawat untuk menjadi terapeutik. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien. Dalam berinteraksi dengan pasien, menjadi perawat terapeutik adalah suatu kewajiban, berkaitan dengan tugas perawat dimana dengan berinteraksi dapat memfasilitasi proses penyembuhan pasien. komunikasi terapeutik betujuan membantu pasien dan mengurangi beban perasaan dan pikiran serta dapat mengambil tindakan untuk mengubah situasi yang ada bila pasien percaya pada hal-hal yang diperlukan, mengurangi keraguan atau membantu dalam mengambil tindakan yang efektif dalam mempertahankan kekuatan egonya, mempengaruhi orang lain, lingkungan fisik dan dirinya sendiri. Tujuan Penelitian: Mendapat gambaran tentang persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik dalam asuhan keperawatan di Ruang Edelweis RSUD Wates Kulon Progo. Metodologi Penelitian: Merupakan penelitian non eksperimental deskriptif eksploratif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 responden. Instrumen yang digunakan adalah bentuk pertanyaan tertutup kuesioner dalam bentuk Check list. Data dianalisa dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi. Penelitian dilakukan selama satu bulan (Juli 2010). Hasil Penelitian: Persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik dalam asuhan keperawatan di Ruang Edelweis RSUD Wates Kulon Progo dengan kategori cukup 59,12%, Persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik pada tahap orientasi dengan kategori cukup 67,35%, Persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik pada tahap kerja dengan kategori baik 51,02%, Sedangkan persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik pada tahap terminasi dengan kategori baik 53,06%. Kesimpulan: Persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik dalam asuhan keperawatan di Ruang Edelweis RSUD Wates Kulon Progo adalah kategori cukup. Persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik pada tahap orientasi sebagian besar berkategori cukup, Persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik pada tahap kerja separuh berkategori baik, Sedangkan persepsi pasien terhadap komunikasi terapeutik pada tahap terminasi adalah kategori cukup.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Atik Badi’ah Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pasien, Komunikasi Terapeutik, Asuhan Keperawatan
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 08:28
Last Modified: 28 Nov 2017 06:33
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item