HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU BUANG AIR BESAR DI DUSUN KEDON II DESA CONGKRAN KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

Bertik Nur Widaryanti, - (2010) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU BUANG AIR BESAR DI DUSUN KEDON II DESA CONGKRAN KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bertik Nur Widaryanti_3206029_nonfull.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
Bertik Nur Widaryanti_3206029_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang : Sehat merupakan sesuatu yang mahal bagi kebanyakan orang, mencegah lebih baik daripada mengobati. Tinggi rendah tingkat pengetahuan yang dimiliki seseorang akan berpengaruh terhadap perilaku individu. Perilaku buang air besar adalah suatu kebutuhan biologis bagi manusia. Masyarakat perlu mengetahui dampak buang air besar sembarangan misalnya timbulnya penyakit seperti diare, malaria, tifus dan desentri. Pengetahuan tentang kebersihan lingkungan sangat diperlukan oleh masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang kebersihan lingkungan dengan perilaku buang air besar di Dusun Kedon II Desa Congkrang Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional dengan rancangan cross sectional. Tempat penelitian di Dusun Kedon II Desa Congkrang Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Sampel yang digunakan adalah warga Dusun Kedon II. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan tentang kebersihan lingkungan dengan perilaku buang air besar. Data yang di peroleh dianalisis dengan uji statistik Koefisien Kontingensi dan uji Chi Square . Hasil Penelitian : Hasil uji statistik Koefisien Kontingensi dan Chi Square diketahui bahwa ( p<0,05 ) pada tingkat pengetahuan p= 0,029 yang artinya Ho ditolak dengan demikian hasil dari penelitian adalah ada hubungan antara pengetahuan tentang kebersihan lingkungan dengan perilaku buang air besar. Indikator kebersihan lingkungan yang paling tinggi adalah definisi buang air besar dengan PR (Prevalence Ratio) 5,167, sedangkan indikator kebersihan lingkungan yang paling rendah adalah syarat atau tipe jamban yang baik dengan PR (Prevalence Ratio) 1,481. Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan tentang kebersihan lingkungan dengan perilaku buang air besar di Dusun Kedon II Desa Congkrang Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Tri Prabowo Dosen Pembimbing 2: Agus Warseno
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, kebersihan lingkungan, perilaku, buang air besar
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2017 06:53
Last Modified: 03 Nov 2017 06:53
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item