HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TATANAN RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN DIARE DI DUSUN DEGOLAN DESA UMBULMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN

Indah Fery Susanti, - (2010) HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TATANAN RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN DIARE DI DUSUN DEGOLAN DESA UMBULMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indah Fery Susanti_3206001_nonfull.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
Indah Fery Susanti_3206001_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Perilaku berhubungan erat dengan kesehatan. Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Perilaku hidup yang tidak sehat dapat memicu timbulnya berbagai penyakit salah satunya adalah diare. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara perilaku hidup bersih dan sehat dengan kejadian diare. Metode : Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan metode survey dan observasi menggunakan correlation. Penelitian dilaksanakan di Dusun Degolan Desa Umbulmartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman yang dilakukan pada bulan Juni 2010. Subyek penelitian adalah keluarga yang tinggal di Dusun Degolan yang memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditentukan, teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 160 KK responden, yang masing-masing mewakili satu keluarga. Instrument yang digunakan berupa kuesioner dengan menggunakan analisis chi square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara statistik tidak ada hubungan antara perilaku hidup bersih dan sehat pada tatanan rumah tangga dengan kejadian diare di Dusun Degolan Desa Umbulmartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Beberapa indikator PHBS seperti perilaku penggunaan jamban , mencuci tangan, ketersediaan air bersih, sanitasi makanan dan gizi seimbang, pemberian ASI eksklusif serta pengolahan sampah tidak mempunyai hubungan yang bermakna dengan kejadian diare di Dusun tersebut Kesimpulan: Perilaku hidup bersih dan sehat pada tatanan rumah tangga dengan kejadian diare.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Sumarni Dosen Pembimbing 2: Agus Warseno
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Diare
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:46
Last Modified: 06 Nov 2017 03:46
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item