PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA REMAJA DI SMA N 1 SEYEGAN

Chandra Maharani, - and Wenny Savitri, - and Dewi Utari, - (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA REMAJA DI SMA N 1 SEYEGAN. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Chandra Maharani_3207033_nonfull.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
Chandra Maharani_3207033_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak kearah dewasa dan ditandai oleh perubahan fisik, emosi dan psikis. Perkembangan seksual remaja ditandai dengan adanya menarche pada wanita dan nocturnal ejculation pada pria. Ketidaksiapan remaja menghadapi perubahan dalam dirinya termasuk dorongan seks mulai meningkat, keadaan tersebut diperberat dengan adanya kemudahan remaja mengakses informasi tentang seks yang salah melalui media cetak dan elektronik (Sarwono, 2006). Untuk itu diperlukan suatu tindakan pemberian pendidikan kesehatan tentang perilaku seks pranikah yang benar. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perilaku seks pranikah terhadap tingkat pengetahuan siswa SMA N 1 Seyegan. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretestpostest design. Sampel diambil dengan teknik proportionate simple random sampling yaitu remaja kelas XI IPA dan IPS yang berada di SMA N 1 Seyegan yang memenuhi Kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 139 remaja. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasar teori yang ada. Teknik analisa data menggunakan uji statistik wilcoxon signed rank test. Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan tentang perilaku seks pranikah pada siswa SMA N 1 Seyegan, sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang perilaku seks pranikah adalah baik (5.8%), cukup (61.2%), kurang (33.1%), dan tingkat pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang perilaku seks pranikah adalah baik (88.5%), cukup (11.5%). Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh (Z= -9.787, P=0.000). berarti ada perbedaan bermakna tingkat pengetahuan remaja tentang perilaku seks pranikah sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan. Kesimpulan: pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang perilaku seks pranikah pada remaja.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Wenny Savitri Dosen Pembimbing 2 :Dewi Utari
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Perilaku Seks Pranikah, Tingkat Pengetahuan
Subjects: Keperawatan > PJ Keperawatan Jiwa
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:55
Last Modified: 14 Feb 2019 08:25
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item