HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SLEMAN YOGYAKARTA

Irin Kurniyawati, - and Yanita Trisetiyaningsih, - and Zuzun Nazila, - (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SLEMAN YOGYAKARTA. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Irin Kurniyawati_3206009_nonfull.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
Irin Kurniyawati_3206009_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Latar Belakang : Masih tingginya angka kematian ibu (AKI) di Indonesia mencapai 307/100.000 kelahiran hidup AKB 35/1.000 kelahiran hidup (SDKI, 2003) merupakan suatu masalah kesehatan yang sangat besar. Dan menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO/ World Health Organization , 2000) melaporkan bahwa prevalensi ibu-ibu hamil yang mengalami defisiensi besi sekitar 35-75%. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut adalah dengan memantau kesehatan ibu dan janin terutama selama dalam masa kehamilan yaitu dengan melakukan kunjungan ke tempat pelayanan kesehatan. Dalam rangka menumbuhkan kesadaran agar lebih teratur memeriksakan kehamilan dibutuhkan pengetahuan yang cukup pada ibu hamil tentang bahaya anemia. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan perilaku pencegahan anemia di wilayah kerja Puskesmas Sleman Yogyakarta tahun 2010. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif Korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Sampelnya adalah ibu hamil yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sleman Yogyakarta dan berjumlah 78 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dilakukan editing, coding, transfering dan tabulating. Hasil penelitian : Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia secara statistik mempunyai hubungan bermakna dengan perilaku pencegahan anemia dengan nilai p=0,000, hasil uji statistik p<0,05, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan perilaku pencegahan anemia. Kesimpulan : Berdasarkan uji statistik menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang anemia dengan perilaku pencegahan anemia.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Yanita Trisetiyaningsih Dosen Pembimbing 2: Zuzun Nazila
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, anemia, perilaku dan pencegahan anemia.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:49
Last Modified: 09 May 2019 09:15
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item