PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA ASURANSI KESEHATAN KELUARGA MISKIN (ASKES GAKIN) TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN YANG DITERIMA DI RSUD WATES KABUPATEN KULON PROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nur Rokim, - and Wenny Savitri, - and R. Anggono Joko Prasojo, - (2011) PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA ASURANSI KESEHATAN KELUARGA MISKIN (ASKES GAKIN) TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN YANG DITERIMA DI RSUD WATES KABUPATEN KULON PROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Rokim_3206036_nonfull.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
Nur Rokim_3206036_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan perawatan dikatakan bermutu bila dalam memberikan pelayanan keperawatan dapat memberikan rasa puas kepada pasien sesuai aspek dasar kualitas pelayanan keperawatan, sehingga diharapkan tujuan asuhan keperawatan tercapai. Aspek dasar tersebut meliputi aspek penerimaan, perhatian, komuniksi, kerjasama, dan tanggung jawab perawat. RSUD Wates, salah satu rumah sakit yang menerima pasien pengguna ASKES GAKIN. Visi RSUD Wates yaitu terwujudnya RSUD Wates yang unggul dalam persaingan pelayanan yang bermutu dan memberi kepuasaan pelanggan. Melalui penelitian ini, salah satu indikator pencapaian visi RSUD Wates dalam pelayanan keperawatan dapat terevaluasi. Tujuan: Mendeskripsikan “Persepsi Pasien Rawat Inap Pengguna ASKES GAKIN Tentang Mutu Palayanan Keperawatan Yang Diterima Di RSUD Wates. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif/kualitatif dengan wawancara mendalam (In Depth Interview). Jumlah informan dalam penelitian adalah 12 orang. Instrument penelitian terdiri dari pedoman pertanyaan wawancara mendalam, bolpoint, buku catatan, perekam (handphone), laptop serta peneliti. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada informan secara langsung. Analisa data penelitian ini antara lain reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil: Persepsi pasien rawat inap pengguna ASKES GAKIN tentang mutu pelayanan keperawatan yang diterima di RSUD Wates, Kulon Progo yang meliputi aspek penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama, dan tanggung jawab perawat telah menunjukkan pelayanan keperawatan yang sesuai aspek dasar mutu pelayanan keperawatan Depkes RI (dalam Onny, 1985) tetapi, dalam penelitian ini muncul persepsi baru tentang sikap-sikap perawat baik sikap positif maupun sikap negatif perawat, sehingga ini perlu perhatian pihak rumah sakit. Sikap negatif yang muncul terdapat di bangsal Edelweis meliputi aspek penerimaan, perhatian, komunikasi, dan kerjasama perawat serta di bangsal Bougenville meliputi aspek perhatian, komunikasi, dan kerjasama perawat. Kesimpulan: Perawat RSUD Wates sudah menunjukkan sikap sesuai aspek dasar mutu pelayanan keperawatan Depkes RI (dalam Onny, 1985). Tetapi, dari persepsi pasien muncul sikap baru baik sikap positif maupun sikap negatif perawat.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pasien, Mutu, Mutu Pelayanan Keperawatan
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2017 07:36
Last Modified: 04 Feb 2019 02:46
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item