HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEKAMBUHAN PADA PENYALAHGUNA NARKOTIKA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Filia Linda Hapsari, - and Induniasih, - and Sulistyaningsih, - (2011) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEKAMBUHAN PADA PENYALAHGUNA NARKOTIKA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Filia Linda Hapsari_3207012_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Filia Linda Hapsari_3207012_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang : Penyalahgunaan narkotika merupakan salah satu penyebab kematian mencapai 15.000 orang per tahun. Penelitian Badan Narkotika Kota Yogyakarta mencatat bahwa pada tahun 2009 terdapat kasus penyalahgunaan narkotika sebanyak 12.848 pelajar SD dan 110.870 Pelajar SMP dan SMA. Kekambuhan adalah salah satu akibat dari penyalahgunnaan narkotika yang disebabkan adiksi sebagai suatu penyakit yang bersifat akut/ kronis. Salah satu faktor yang mempengaruhi kekambuhan adalah dukungan keluarga. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kekambuhan pada penyalahguna narkotika di Panti Sosial Pamardi Putra Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan rancangan observasional cross sectional design. Populasi pnelitian adalah penyalahguna yang menjalani rehabilitasi di Panti Sosial Pamardi Putra Purwomartani sebanyak 24 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah uji Spearman Rank untuk melihat hubungan antara dukungan keluarga dengan kekambuhan pada penyalahguna narkotika dan uji koefisien korelasi untuk melihat keeratan hubungan. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Pamardi Putra Purwomartani pada tanggal 18 Juli 2011. Hasil : Dari 24 responden mayoritas mempunyai dukungan keluarga sedang sebanyak 50% dan kekambuhan tinggi sebanyak 54,2 %. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan antara dukungan keluarga dengan kekambuhan pada penyalahguna narkotika, dengan nilai signifikansi 0,802. Serta menunjukkan hubungan dengan keeratan yang kuat. Kesimpulan : ada hubungan antara dukungan keluara pada penyalahguna narkotika di Panti Sosial Pamardi Putra Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Induniasih Dosen Pembimbing 2 :Sulistyaningsih
Uncontrolled Keywords: dukungan keluarga, kekambuhan, penyalahguna narkotika
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:34
Last Modified: 14 Feb 2019 07:09
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item