HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DALAM PEMASANGAN INFUS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL RAWAT INAP RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Agus Widodo, - and Ni Ketut Mendri, - and Agus Warseno, - (2011) HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DALAM PEMASANGAN INFUS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL RAWAT INAP RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Agus Widodo_3207004_nonfull.pdf

Download (987kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Peran perawat sebagai care provider juga akan menentukan kepuasan pasien. Pasien baru akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya itu tidak sesuai dengan harapannya (Pohan, 2006). Pada waktu melakukan studi pendahuluan di Bangsal Rawat Inap RSUD Panembahan Senopati Bantul masih ditemukan perawat dalam memasang infus tidak sesuai dengan SOP dan pasien yang mengatakan tidak puas dengan pemasangan infus Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran perawat pelaksana dalam pemasangan infus dengan tingkat kepuasan pasien di bangsal rawat inap RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode: Jenis penelitian ini adalah diskriptif analitik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 109 perawat pelaksana dan pasien. Pengambilan sampel dengan menggunakan incidental sampling. Uji stasistik yang digunakan yaitu uji kendal tau, dengan tingkat kemaknaan p-value < α (0,05). Hasil: dari 53 responden didapatkan data perawat yang memiliki peran pemasangan infus baik yaitu sebanyak 37 orang (69,8%), cukup yaitu sebanyak 16 orang (30,2%). Sedangkan pasien yang merasa sangat puas yaitu sebanyak 12 orang (22,6%), puas yaitu sebanyak 30 orang (56,6), tidak puas yaitu sebanyak 11 orang (20,8%). Hasil perhitungan statistik menggunakan uji Kendal tau, diperoleh p-value sebesar 0,000 < a (0,05). Nilai koefisien korelasi sebesar 0,609 menunjukkan kekuatan hubungan antara peran perawat dalam pemasangan infus dengan tingkat kepuasan pasien adalah kuat. Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara peran perawat dalam pemasangan infus dengan tingkat kepuasan pasien di Bangsal Rawat Inap RSUD Panembahan Senopati Bantul. Saran: Dalam melakukan pemasangan infus perawat hendaknya melaksanakan tindakan sesuai dengan prosedur tetap. RSUD Panembahan Senopati Bantul diharapkan melakukan evaluasi secara berkala terhadap penerapan prosedur tetap pemasangan infus yang dilakukan oleh perawat.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Ni Ketut Mendri Dosen Pembimbing 2 :Agus Warseno
Uncontrolled Keywords: Peran Perawat, Pemasangan Infus, Kepuasan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2017 07:40
Last Modified: 14 Feb 2019 07:49
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item