HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN PENYESUAIAN DIRI KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI YAYASAN AUTIS AROGYA MITRA KLATEN

Wahyu Rina Ferayanti, - (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN PENYESUAIAN DIRI KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI YAYASAN AUTIS AROGYA MITRA KLATEN. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Rina Ferayanti_3207029_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Wahyu Rina Ferayanti_3207029_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang : Autisme adalah ketidakmampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, gangguan berbahasa yang ditunjukkan dengan penguasaan yang tertunda, ekolalia, mustism, pembalikan kalimat, adanya aktivitas bermain yang repetitif dan stereotip, rute ingatan yang kuat dan keinginan yang obsesif untuk mempertahankan keteraturan di dalam lingkungannya. Indonesia saat ini belum ditemukan data yang akurat mengenai autisme, namun diperkirakan terdapat kurang lebih 6.900 anak penyandang autisme di Indonesia. Jumlah tersebut menurutnya setiap tahun terus meningkat (Judarwanto, 2010). Hasil studi pendahuluan di Yayasan Arogya Mitra Klaten didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan orang tua, diketahui mereka belum mengetahui tentang autisme mereka mengatakan mengetahui autisme hanya dari penjelasan dokter yang menangani anak-anak mereka. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan penyesuaian diri keluarga yang memiliki anak autis di Yayasan Arogya Mitra Klaten. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode descriptive non eksperiment dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling, yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sehingga diperoleh sampel sebanyak 44 responden dari 80 responden. Instrumen penelitian adalah kuesioner dan hasil penelitian dianalisis dengan rumus Spearman Rank. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan keluarga tentang autisme sebesar 43,2% masuk dalam kategori baik sebanyak 19 orang dan mempunyai penyesuaian diri baik sebesar 45,5% sebanyak 20 orang. Hasil korelasi Spearman Rank didapatkan nilai p-value sebesar 0,000(<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,602. Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini yaitu menunjukkan adanya keeratan hubungan antara tingkat pengetahuan keluarga dengan penyesuaian diri keluarga yang memiliki anak autis.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Ni Ketut Mendri Dosen Pembimbing 2 :Yanita Trisetiyaningsih
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Penyesuaian Diri, autisme
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:37
Last Modified: 29 Nov 2017 03:37
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item