FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA PELAYANAN KESEHATAN TENTANG PERAN PERAWAT DALAM PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KALIBAWANG KULON PROGO YOGYAKARTA

Joni Ismarwanto, - (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA PELAYANAN KESEHATAN TENTANG PERAN PERAWAT DALAM PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KALIBAWANG KULON PROGO YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Joni Ismarwanto_3207014_nonfull.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
Joni Ismarwanto_3207014_full-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar Belakang: Masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang peran perawat. Banyak masyarakat yang masih keliru dalam mempersepsikan peran perawat. Hal inilah yang menyebabkan pandangan terhadap peran perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan masih beragam. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat pengguna pelayanan kesehatan terhadap peran perawat dalam pemberian pelayanan kesehatan di Puskesmas Kalibawang. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara accidental sampling dengan jumlah sampel 75 responden. Uji statistik yang digunakan yaitu uji kendall tau dengan tingkat kemaknaan p- value < � (0,005). Sedangkan analisa multivariate menggunakan regresi logistik linier. Hasil: Dari 75 responden didapatkan data mengenai sikap masyarakat cukup mengenai peran perawat sebanyak 48% dan sikap yang kurang sebanyak 6%. Data pengetahuan masyarakat terhadap peran perawat didapatkan hasil cukup sebanyak 53,3% dan pengetahuan kurang 5,3%, masyarakat yang berpengalaman terhadap peran perawat sebanyak 58,7% dan kurang berpengalaman sebanyak 8%, informasi yang diperoleh masyarakat jelas sebanyak 50,7% dan kurang jelas sebanyak 9,3%, pelayanan kesehatan yang cukup sebanyak 57,3% dan kurang sebanyak 5,4%. Peran perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan baik sebanyak 52% dan kurang baik sebanyak 6,7%. Dari hasil uji Kendal Tau menunjukkan ada hubungan bermakna dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05. Faktor yang paling mempengaruhi persepsi terhadap peran perawat yaitu pengeahuan dengan p-value sebesar 0,008 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara faktor (sikap, pengetahuan, pengalaman, informasi, dan pelayanan kesehatan) dengan persepsi masyarakat terhadap peran perawat. Faktor yang paling mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap peran perawat di Puskesmas Kalibawang Kulon Progo yaitu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Tri Prabowo Dosen Pembimbing 2 :Dewi Utari
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat, Pengguna Pelayanan Kesehatan, Peran Perawat
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2017 01:26
Last Modified: 09 Nov 2017 01:55
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item