HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN WARIA TENTANG HIV-AIDS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV-AIDS DI LSM KEBAYA YOGYAKARTA

Gabriel, Yosse Prapaskalis Anes (2012) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN WARIA TENTANG HIV-AIDS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV-AIDS DI LSM KEBAYA YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Gabriel Yosse Prapaskalis Anes_3208133_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Gabriel Yosse Prapaskalis Anes_3208133_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Penyakit HIV-AIDS merupakan penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia, dengan akibat yang bersangkutan kehilangan daya tahan tubuhnya, sehingga mudah terinfeksi dan meninggal karena berbagai penyakit infeksi. Kelompok risiko tinggi yang tertular HIV-AIDS antara lain: pengguna narkoba suntik (penasun) , penjaja seks perempuan, dan salah satunya kaum waria (wanita pria). Waria melakukan hubungan seks tidak hanya dengan pria transeksual saja tetapi dengan pria heterosexual juga. Banyak waria yang sudah mengetahui tentang penyakit HIV-AIDS dan Penyakit Menular Seksual, tetapi upaya pencegahan yang dilakukan sangatlah kurang. Pengetahuan dipandang penting karena dapat merupakan gerbang dalam upaya pencegahan penularan HIV-AIDS terutama dalam melakukan hubungan seksual. Ketidaktahuan terhadap HIV-AIDS bisa jadi merupakan salah satu penyebab terkenannya virus mematikan tersebut. Tujuan : Diketahuinya hubungan tingkat pengetahuan waria tentang HIV-AIDS dengan perilaku pencegahan HIV-AIDS di LSM Kebaya Yogyakarta. Metode : Penelitian ini menggunakan studi survey analitik dengan rancangan korelasi dan menggunakan desain Cross sectional. Total responden 34 dan diseleksi dengan menggunakan purposive sampling. Penggumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan uji analisis Kendall Tau. Hasil : Hasil perhitung statistik menggunakan uji Kendal tau diperoleh p-value sebesar 0,001 <  (0,05). Nilai koefisien kerelasi sebesar 0,519 menunjukan kekuatan hubungan yang sedang. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan waria tentang HIV-AIDS dengan perilaku pencegahan penularan HIV-AIDS di LSM Kebaya Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Retno Mawarti, S.Pd., M.Kes, Dosen Pembimbing II Sri Purwaningsih, S.Kep., Ns.
Uncontrolled Keywords: HIV-AIDS, Tingkat Pengetahuan, Perilaku Pencegahan penularan, HIV-AIDS, knowledge level, preventive behavior for infection
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BR Kesehatan Reproduksi (Kespro)
P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Tati Adityanti
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 25 Aug 2016 04:29
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item