PERSEPSI ALUMNI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR SKRIPSI DENGAN TEPAT WAKTU DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN STIKES A. YANI YOGYAKARTA

Sri Suharti, - and Wenny Savitri, - and Agus Joko P., - (2011) PERSEPSI ALUMNI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR SKRIPSI DENGAN TEPAT WAKTU DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN STIKES A. YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakara.

[img] Text
Sri Suharti_3207026_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Sri Suharti_3207026_nonfull.pdf

Download (863kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Penyusunan skripsi adalah kegiatan belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam mengungkapkan penalaran secara komprehensif. Pada saat ini banyak hal yang menjadi efek mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES A. Yani Yogyakarta bila tidak lulus tepat waktu antara lain: beban mental ketika melihat teman seangkatan sudah lulus (psikologi dan harga diri rendah), biaya bertambah, banyak waktu yang terbuang dan dengan adanya kendala tersebut membuat motivasi dalam diri semakin berkurang dan tidak ada lagi kemauan untuk lulus. Hasil studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa55% disebabkan oleh faktor bimbingan dosen, 30 % faktor rajin tidaknya si penulis, 10% keterbatasan literatur dan 5% pencarian responden. Untuk itu diperlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan tepat waktu di Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES A. Yani Yogyakarta. Tujuan: Mengetahui persepsi alumni tentang faktor sumber pustaka, dosen, motivasi, waktu, kesehatan, kampus, metodologi, yang mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan tepat waktu di Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES A. Yani Yogyakarta. Hasil: Hasil penelitian dari alumni STIKES A. Yani Yogyakarta menunjukkan bahwa persepsi alumni tentang faktor yang mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi dengan tepat waktu di Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES A. Yani Yogyakarta terdiri dari faktor internal (motivasi yang terdiri dari sumber dan cara meningkatkan motivasi, waktu, kesehatan) dan faktor eksternal (sumber pustaka, dosen, kampus dan metodologi penelitian) yang masing-masing faktor dipersepsikan sebagai faktor penunjang (+) atau penghambat (-) dalam keberhasilan mahasiwa menyelesaikan skripsi. Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor sumber pustaka, dosen, kesehatan dan metodologi tentang alumni yang lulus tepat waktu dan tidak lulus tepat waktu mempunyai pendapat berbeda-beda sedangkan dari faktor motivasi, waktu, dan kampus mereka berpendapat sama dalam menyelesaikan skripsi di STIKES A. Yani Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Wenny Savitri Dosen Pembimbing 2 :Agus Joko P.
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Skripsi, Alumni, Keperawatan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:42
Last Modified: 14 Feb 2019 08:26
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item