KAJIAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGAGLIK I KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Bambang Sulistyo Hadi, - (2011) KAJIAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGAGLIK I KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bambang Sulistyo Hadi_3206034_nonfull.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
Bambang Sulistyo Hadi_3206034_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Malaria merupakan salah satu penyakit yang sejak lama menjadi masalah kesehatan masyarakat yang sulit dipecahkan di Indonesia, bahkan di beberapa daerah penyakit ini menjadi endemis dan menjadi salah satu penyebab kematian. Saat ini penyakit malaria kembali muncul di banyak daerah yang tadinya sudah dianggap tidak menjadi masalah, sehingga di Indonesia penyakit malaria diklasifikasikan sebagai re-emerging disease. Secara epidemiologi, peningkatan kasus dan KLB malaria sangat dipengaruhi oleh semakin mudah dan padatnya mobilitas penduduk sehingga penularan malaria dari daerah rawan/potensial ke daerah lain atau sebaliknya menimbulkan peningkatan kasus/KLB malaria. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara faktor lingkungan dan perilaku terhadap kejadian malaria di kawasan kerja puskesmas Ngaglik I Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Yogyakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan Cross sectional. Tempat penelitian di wilayah kerja Puskesmas Ngaglik I kecamatan Ngaglik I Kabupaten Sleman Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah setiap orang yang berkunjung maupun berobat di Puskesmas Ngaglik I. Variabel yang diteliti adalah faktor lingkungan dan perilaku terhadap kejadian malaria. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik koefisien kontingensi dan uji chi square. Hasil Penelitian : Hasil uji statistik koefisien kontingensi dan chi square diketahui bahwa ( p< 0,05) dengan hasil p=0,008 yang artinya Ha diterima dengan demikian hasil dari penelitian adalah ada hubungan antara faktor lingkungan dan perilaku terhadap kejadian malaria. Hasil penelitian menunjukan OR (Odd Ratio) 3,400. Kesimpulan : Ada hubungan antara faktor perilaku dan lingkungan terhadap kejadian malaria di wilayah kerja Puskesmas Ngaglik I Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Nunuk Pusorowati Dosen Pembimbing 2 :Anastasia Suci
Uncontrolled Keywords: Faktor lingkungan, perilaku, kejadian malaria.
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:53
Last Modified: 07 Nov 2017 08:53
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item