GAMBARAN KEMANDIRIAN LANSIA YANG MENGALAMI RHEUMATOID ARTHRITIS DALAM AKTIVITAS SEHARI-HARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIHAN 2 BANTUL YOGYAKARTA BANTUL

Leny Yunita Talaohu, - (2018) GAMBARAN KEMANDIRIAN LANSIA YANG MENGALAMI RHEUMATOID ARTHRITIS DALAM AKTIVITAS SEHARI-HARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIHAN 2 BANTUL YOGYAKARTA BANTUL. Strata 1 thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI Leny Yunita Talaohu_2212031_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Intisari)
Leny Yunita Talaohu_Intisari.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Suatu bentuk penyakit sendi yang sering dijumpai pada lansia adalah reumatoid artritis. Keluhan utama reumatoid artritis adalah nyeri sendi dan kaku sendi. Adanya nyeri sendi pada reumatoid artritis membuat penderitanya seringkali takut untuk bergerak sehingga mengganggu aktivitas sehari-harinya dan dapat menurunkan produktivitasnya. Penurunan kemampuan muskuloskeletal karena nyeri sendi dapat juga menurunkan aktivitas fisik dan latihan, sehingga akan mempengaruhi lansia dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari (activity of daily living atau ADL). Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran kemandirian lansia yang mengalami rheumatoid arhtritis di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan 2 Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian non eksperimental dengan rancangan deskriptif. Sampel diambil dengan teknik total sampling sebanyak 32 responden. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian : Aktivitas mandi sebagian besar lansia memiliki kemandirian sebanyak 20 orang (62,5%). Aktivitas berpakaian sebagian besar lansia memiliki kemandirian sebanyak 31 orang (96,9%). Aktivitas toileting seluruh lansia memiliki ketergantungan total sebanyak 32 orang (100%). Aktivitas pindah posisi seluruh lansia memiliki ketergantungan total sebanyak 32 orang (100%). Aktivitas kontinensia seluruh lansia memiliki kemandirian sebanyak 32 orang (100%). Aktivitas makan seluruh lansia memiliki kemandirian sebanyak 32 orang (100%). Kesimpulan : Aktivitas sehari-hari lansia dalam kategori ketergantungan sedang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: kemandirian lansia, rheumatoid arhtritis
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PG Keperawatan Gerontologi,Gerontik,Lansia
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:40
Last Modified: 14 Jan 2019 09:02
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item