HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA TENAGA KERJA WANITA INDUSTRI ROKOK DI CV. TIDAR MAGELANG JAWA TENGAH

Nashrun Ahmadi, - and Sumarni, - and Fajriyati Nur Azizah, - (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA TENAGA KERJA WANITA INDUSTRI ROKOK DI CV. TIDAR MAGELANG JAWA TENGAH. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text (SKRIPSI)
NASRUN AHMADI_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Nashrun Ahmadi_3206007_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Jumlah pekerja wanita yang semakin meningkat, baik untuk membantu suaminya memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari ataupun hanya sekedar untuk mengaktualisasikan dirinya. Dengan demikian perempuan mempunyai perah ganda yaitu sebagai istri dan juga sebagai tenaga kerja untuk pembangunan. Pada periode waktu yang sama, secara psikososial wanita akan bekerja pada lingkungan yang buruk yaitu pekerjaan yang stresful sehingga wanita akan kehilangan kendali dan kesehatannya. Hasil penelitian di Jawa tengah tahun 1999 menunjukkan 49,4% tenaga kerja wanita mengalami gangguan depresi. Depresi merupakan gangguan mood. Dukungan sosial baik diberikan secara emosional, penghargaan, informasi, dan instrumen mempunyai manfaat pencegahan dan penyembuhan pada gangguan psikologis dan sosiologis seperti depresi. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat dukungan sosial dengan tingkat depresi pada tenaga kerja wanita industri rokok cv. Tidar Magelang Jawa Tengah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental menggunakan rancangan penelitian cross sectional dengan pendekatan deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah tenaga kerja wanita industri rokok cv. Tidar Magelang Jawa Tengah, diambil dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan Beck Depression Inventory (BDI) dan Sosial Support Questionnaire (SSQ). Analisa data menggunakan rank order corellation dari Spearman. Hasil: hasil penelitian menunjukkan 87,25% responden mengalami depresi ringan dan 87,25% dari responden mendapatkan dukungan sosial sedang. Hasil korelasi menunjukkan adanya korelasi yang negatif antara tingkat dukungan sosial dengan tingkat depresi ( r = 0,463 dan p = 0,001). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang negatif dan bermakna antara tingkat dukungan sosial dengan tingkat depresi pada tenaga kerja wanita industri rokok cv. Tidar Magelang Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: tenaga kerja wanita, depresi, dukungan sosial.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:51
Last Modified: 04 Feb 2019 02:52
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item